Fisabilillah, Ahmad Andrian (2021) STRATEGI POLITICAL MARKETING PARTAI GERINDRA DALAM MENINGKATKAN POPULARITAS DAN ELEKTABILITAS CALON PADA PEMILIHAN LEGISLATIF DI KOTA JAMBI TAHUN 2019. S1 thesis, Ilmu politik.
Text
Skripsi full.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
REVISI ANDRIAN NEW.pdf Download (168kB) |
|
Text
2. Abstract.pdf Download (112kB) |
|
Text
4. Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (306kB) |
|
Text
7. Bab 4 Kesimpulan saran.pdf Download (94kB) |
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (41kB) |
|
Text
Halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRACT The Gerindra Party is one of the new political parties that has shaken the existing political parties in Indonesia, it is known that in its first general election in 2009 it was ranked 7th at the national level. Furthermore, in the 2014 election, Gerindra Party ranks 3rd at the national level. Even in the 2019 Election, the Gerindra Party was able to obtain 17,595,839 votes or 12.57% and ranked 2nd at the national level. The purpose of this study was to determine the political marketing strategy of the Gerindra Party in increasing the popularity and electability of candidates in the 2019 Legislative Election in Jambi City. The type of research used is descriptive qualitative. Techniques in data collection using interviews to collect information from informants. The results showed that the Gerindra Party's marketing/political marketing strategy in increasing the popularity and electability of candidates in the 2019 Legislative election in Jambi City using Harris & Lock's Political marketing theory was identified into 4P's, namely product, promotion, price. (price), placement (place). The product includes six national transformation programs. Gerindra Party promotion techniques through Print Media, Electronic Media, Outdoor Media, Online Media and direct socialization to the public. The selling value of the Gerindra party is the figure of Prabowo Subianto as the General Chair of the Gerindra Party and Sutan Adil Hendra as the Chairman of the Jambi Party Leadership Council (DPP)/(DPC) which is seen based on economic values, psychological values and positive images and the Gerindra party technique chooses target voters, namely targeting audience for novice voters and job/professional audiences, especially farmers. Keywords : Political Marketing Strategy, Popularity, Electability, Legislative Election. INTISARI Partai Gerindra merupakan salah satu parpol baru yang begitu cukup mengguncang partai politik yang telah ada di Indonesia diketahui pada kemunculannya pada pemilu pertamanya di tahun 2009 menempati urutan 7 tingkat nasional. Selanjutnya pada Pemilu 2014, Partai Gerindra menempati urutan 3 tingkat nasional. Bahkan pada Pemilu 2019 Partai Gerindra mampu memperoleh suara sebanyak 17.595.839 atau 12,57% dan menempati urutan 2 tingkat nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi political marketing Partai Gerindra dalam meningkatkan popularitas dan elektabilitas calon pada pemilihan Legislatif Tahun 2019 di Kota Jambi. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan wawancara untuk mengumpulkan informasi dari informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran/political marketing Partai Gerindra dalam meningkatkan popularitas dan elektabilitas calon pada pemilihan Legislatif tahun 2019 di Kota Jambi menggunakan teori Political marketing Harris & Lock diidentifikasi kedalam 4P‟s, yaitu produk (product), promosi (promotion), harga (price), penempatan (place). Produk (product) meliputi enam program transformasi bangsa. Teknik promosi Partai Gerindra melalui Media Cetak, Media Elektronik, Media Luar Ruang, Media Online dan sosialisasi langsung turun ke masyarakat. Nilai jual partai Gerindra yaitu sosok Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum Partai Gerindra dan Sutan Adil Hendra sebagai Ketua Dewan Pimpinan Partai (DPP)/(DPC) Jambi yang dilihat berdasarkan nilai ekonomi, nilai psikologis dan citra positif dan teknik partai Gerindra memilih sasaran pemilih yaitu membidik khalayak suara pemilih pemula dan khalayak pekerjaan/profesi khususnya petani. Kata kunci : Strategi Political Marketing, Popularitas, Elektabilitas, Pemilihan Legislatif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Manajemen Pemerintahan |
Depositing User: | F |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 02:33 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 02:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26603 |
Actions (login required)
View Item |