Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Studi Kasus Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker untuk Siswa SMA Kelas X

Margereta, Sonia (2021) Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Studi Kasus Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker untuk Siswa SMA Kelas X. S2 thesis, Magister pendidikan IPA.

[img] Text
COVER SONIA MARGERETA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (466kB)
[img] Text
cetak ABSTRAK Bahasa.pdf

Download (9kB)
[img] Text
cetak BAB VI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
cetak DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (202kB)

Abstract

ABSTRAK Margereta, S. 2021. Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Studi Kasus Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker untuk Siswa SMA Kelas X. Tesis. Program Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi, Pembimbing I. Ir. Bambang Hariyadi, M.Si., Ph.D. II. Dr. Yusnaidar, S.Si, M.Si Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketergantungan peserta didik kepada guru dalam proses pembelajaran di SMA Negeri Kota Jambi masih sangat besar. Peserta didik belum mampu belajar secara mandiri meskipun di dalam kurikulum 2013 revisi dijelaskan bahwa pembelajaran berpusat kepada peserta didik. Hal ini juga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya siswa belum mampu belajar secara mandiri dan kurangnya bahan ajar siswa disekolah. Oleh karena itu peneliti mengembangkan e-modul Biologi berbasis studi kasus sebagai bahan ajar yang lebih fleksibel dan mudah digunakan secara mandiri. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan e-modul yang memenuhi aspek kesesuaian isi dengan kurikulum berlaku. 2) Menguji kelayakan e-modul Biologi berbasis studi kasus menggunakan Kvisoft flipbook maker untuk SMA yang dibuat dengan memperhatikan prinsip pengembangan e-modul melalui validasi dan ujicoba pada peserta didik. 3) Mengetahui respon guru terhadap e-modul Biologi berbasis studi kasus menggunakan Kvisoft flipbook maker untuk SMA. 4) Mengetahui respon peserta didik terhadap e-modul Biologi berbasis studi kasus menggunakan Kvisoft flipbook maker untuk SMA. E-modul ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, Model ADDIE adalah desain model pembelajaran yang sistematis dan terdiri dari 5 tahap meliputi tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (develop), implementasi (implementation), dan penilaian (evaluate). Dari penelitian diperoleh hasil berupa e-modul Biologi berbasis studi kasus dengan katagori valid dan persentase penilaian 80% oleh ahli materi. Katagori sangat valid dengan persentase nilai 84% oleh ahli media. Uji respon guru dangan nilai 91% pada katagori sangat baik pada dan uji lapangan dengan hasil terdapat perbedaan nilai rata-rata posttest yang signifikan antara kelas eksperimen dengan rata-rata 77,6 dan kelas kontrol dengan nilai 67. Kata kunci: Biologi, e-modul, kvisoft flipbook maker, pengembangan.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: MARGERETA
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:05
Last Modified: 27 Sep 2021 07:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26731

Actions (login required)

View Item View Item