STUDY KOMPARANSI HASIL BELAJAR YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 25 KOTA JAMBI

Kurniawan, Rian (2021) STUDY KOMPARANSI HASIL BELAJAR YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 25 KOTA JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Ekonomi.

[img] Text
Rian Kurniawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (276kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB)

Abstract

Rian, Kurniawan 2021. Study Komparansi Hasil Belajar Yang Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 25 Kota Jambi, Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. DR. Drs. H.Khairinal, Dpt, BA,M.Si (II) Drs.H.Arpizal, M.Pd Kata kunci: Study Komparansi, Inquiry, Project Based Learning Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Study Komparansi Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Dengan Model Pembelajaran Project based learning Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 25 Kota Jambi Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 25 Kota Jambi pada ....... Data penelitian diperoleh dengan melakukan observasi yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kefahaman siswa terhadap materi pada pelajaran matematika. Sehingga dapat dilakukan evaluasi terhadap metode pengajaran yang telah digunakan. Metode ini juga dapat digunakan untuk mengamati sejumlah fenomena yang berkaitan dengan objek penelitian, diantaranya melihat keadaan gedung, dan keadaan sarana pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis menggunakan uji-t. Uji t-test digunakan untuk menguji hipotesis yang menyatakan bahwa hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran inquiry learning lebih tinggi dari pada hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Dari hasil uji-t diperoleh t hitung = 3,661 dan ttabel 1,997. Karena thitung > ttabel atau 3,661 > 1,997 berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran inquiry learning lebih tinggi dari pada hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Berdasarkan uji t diketahui bahwa kedua kelas sampel memiliki rata-rata skor post-test yang berbeda karena sudah di beri perlakuan yang berbeda terhadap kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran inquiry learning lebih tinggi dari pada model pembelajaran Project Based Learning pada peserta didik SMPN 25 KOTA JAMBI. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru pelajaran ekonomi ada dalam melaksanakan pembelajaran guru menggunakan model pembelajaran yang bervariasi agar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran dengan baik, salah satunya dengan menerapkan pembelajaran Inkuiri agar tidak terpaku dengan model pembelajaran konvensional yang hanya menjelaskan, berceramah dan membaca buku sehingga memungkinkan siswa cepat bosan dan kurang bersemangat dalam kegiatan belajar

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: KURNIAWAN
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:49
Last Modified: 28 Sep 2021 01:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26760

Actions (login required)

View Item View Item