PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARANPPKn KELAS XI IPS 1SMA N 11 KOTA JAMBI

RIZKI, EVI (2021) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARANPPKn KELAS XI IPS 1SMA N 11 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)

Abstract

ABSTRAK Rizki, Evi. 2021. PPKn di kelas XI IPS I SMA N 11 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan , Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I: Drs. H. Irwan, M. Pd, pembimbing II: Dona Sariani, M. Pd. Kata kunci:metode diskusi upaya meningkatkan berpikir kritis siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang metode diskusi upaya meningkatkan berpikir kritis siswa kelas XI IPS I SMA 11 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan padapenelitian ini yang sesuai adalah pendekatan campuran (mix method) dengan menggunakan kedua data kualitatifdan data kuantitatif.. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran diskusi oleh aktivitas guru maupun siswa serta tes essaiuntukketerampilan berpikir kritis siswa. Berdasarkan Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa 62% dengan Kategori nilai (cukup berfikir tingkat tinggi). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar meskipun belum memenuhi kriteria keberhasilan dari penelitian ini. Dan pada siklus I secara klasikal siswa masih rendah dalam point menjawab soal yang telah diberikan, dalam menjawab soal siswa lebih banyak mendapatkan nilai skor 2, selain itu siswa masih banyak yang pasif di dalam kelas ketika berdiskusi. Dalam hal menganalisis suatu permasalahan siswa masih belum bisa memecahkan persoalan tersebut dengan inovasi baru, hal ini di sebabkan siswa jarang membaca materi sehingga tidak paham terhadap materi yang telah di sampaikan. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus II keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa mengalami peningkatan darisiklus I yaitu 62%, danpadasiklus II sebesar 69%. Tetapi belum mencapai target yang diharapkan karena belum mencapai criteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 75%. Pada siklus II bersadasrkan tes yang diberikan masih belum mencapai target dengan nilai rata-rata siswa 69% dari jumlah 28 siswa.Pada siklus II secara klasial siswa masih belum bisa menyusun konsep-konsep serta memodifikasi dengan hal-hal baru terhadapa menyelesaian suatu masalah. Tetapi pada siklus ini sudah mengalami peningkatan dengan cukup klasial di bandingkan dengan siklus I. Berdasarkan beberapa pembelajaran dari dua siklus sebelumnya yang sudah mengalami peningkatan setiap siklusnya meskipun belum mencapai criteria keberhasilan pada penelitian ini, maka peneliti melakukukan refleksi kembali. Selanjutnya evaluasi pada siklus III akan di sesuaikank embali dengan indikatorkompetensi yang di inginkan yang sesuai dengan kemampuan siswa. Pada siklus III secara klasial sudah mencapai target yang di inginkan dari dua siklus pembelajaran sebelumnya. Dimana padasiklus ini skor rata-rata keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa berhasil meningkat manjadi 75% yang termasuk kedalam kategori berfikir tingkat tinggi.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I Drs. H. Irwan, M.Pd Pembimbing II Dona Sariani, M. Pd
Uncontrolled Keywords: metode diskusi upaya meningkatkan berpikir kritis siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: RIZKI
Date Deposited: 29 Sep 2021 06:32
Last Modified: 29 Sep 2021 06:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26807

Actions (login required)

View Item View Item