PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS MODELLING MATHEMATICS MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP

ASNITA, SARI (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS MODELLING MATHEMATICS MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI_SARI ASNITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
1 HALAMAN SAMPUL DAN JUDUL.pdf

Download (163kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (254kB)
[img] Text
6 SKRIPSI BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
8 SKRIPSI BAB V.pdf

Download (269kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)

Abstract

ABSTRAK Asnita, Sari. 2021. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Modelling Mathematics Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Hj. Sofnidar, M.Si., (II) Dr. Drs. Kamid, M.Si., Kata Kunci: LKPD, Modelling Mathematics, Aritmatika Sosial, Matematika Bahan ajar yang baik adalah bahan ajar yang mampu menarik minat siswa dan mengikuti perkembangan teknologi serta dikaitkan dengan lingkungan sekitar siswa. Salah satunya yaitu LKPD. LKPD ini disajikan dengan berbasis modelling mathematics. Pembelajaran berbasis modelling mathematics ini memberi kesempatan kepada siswa untuk memperoleh pemahaman matematika melalui konteks dunia nyata, dengan cara mengubah masalah dunia nyata kedalam masalah matematika kemudian hasilnya diinterpretasikan dan diterjemahkan kedalam bentuk nyata dengan salah satu materi matematika yaitu aritmatika sosial. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hasil produk Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis modelling mathematics materi aritmatika sosial kelas VII SMP; (2) mendeskripsikan kelayakan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis modelling mathematics materi aritmatika sosial kelas VII SMP. Jenis penelitian ini adalah R & D dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yakni analysis, design, development, implementation and evaluation. Penelitian ini mengembangkan LKPD berbasis Modelling mathematics. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: lembar validasi ahli materi dan ahli desain LKPD, angket tanggapan respon guru serta angket respon peserta didik. Produk hasil pengembangan di validasi oleh satu orang ahli materi dan desain, kemudian dinilai oleh guru selanjutnya diujicobakan kepada kelompok kecil yang berjumlah 9 orang pada kelas VII. Rata-rata skor validasi desain 85% dengan kriteria “Sangat Valid” dapat digunakan tanpa revisi dan ahli materi dengan rata-rata skor 88% dengan kriteria “Sangat Valid” dapat digunakan tanpa revisi. Kemudian rata-rata skor penilaian guru matematika yaitu 88% pada kategori “sangat baik” dan rata-rata skor uji coba kelompok kecil yaitu 86%. Berdasarkan proses pengembangan yaitu validasi desain dan materi serta hasil penelitian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa LKPD matematika berbasis modelling mathematics materi aritmatika sosial kelas VII SMP layak digunakan sebagai bahan ajar di sekolah maupun sebagai bahan ajar mandiri di rumah.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ASNITA
Date Deposited: 29 Sep 2021 07:35
Last Modified: 29 Sep 2021 07:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26862

Actions (login required)

View Item View Item