Andria, Viqi (2021) Pengembangan E-Modul Berbasis Modeling Mathematics Dengan Konteks Lokasi Candi Muaro Jambi Pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI VIQI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
persetujuan, pengesaha, pernyataan.pdf Download (844kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (103kB) |
Abstract
ABSTRAK Andria, Viqi . 2021. Pengembangan E-modul Berbasis Modelling Mathematics Dengan Konteks Lokasi Candi Muaro Jambi Pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Sofnidar, M.Si., (II) Feri Tiona Pasaribu S.Pd,.M.Pd. Kata Kunci: E-Modul, Modelling Mathematics, Konteks Lokasi Candi Muaro Jambi , Kubus dan Balok. Kebanyakan peserta didik menganggap bahwa matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit dipahami, seperti halnya materi kubus dan Balok. Pada dasarnya matematika sangat erat hubunganya dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu penyebabnya yaitu kurangnya bahan ajar yang bisa membuat peserta didik lebih aktif, sehingga pembelajaran matematika menjadi tidak menarik dan semakin sulit dipahami. Salah satu solusinya yaitu belajar dengan e-modul. Kemudian agar pembelajaran lebih bermakna, maka diterapkan pembelajaran berbasis modeling mathematics, yaitu pembelajaran dengan konteks dunia nyata. Salah satunya dengan menggunakan konteks lokasi Candi Muaro Jambi. Tujuan dari penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa E-modul berbasis Modelling Mathematics materi kubus dan Balok kelas VIII SMP dengan menggunakan objek-objek pada Candi Muaro Jambi dan untuk mengetahui kelayakan produk E-modul yang telah dibuat. Hasil penelitian menunjukan bahwa E-modul yang dibuat sudah sangat baik, karena bahan ajar berupa E-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor 4,26 ini termasuk dalam kategori “sangat baik”. E-modul memenuhi kriteria kepraktisan, yaitu berdasarkan hasil apresiasi guru mata pelajaran dengan rata-rata skor 4,18 dengan kriteria “sangat baik’, dan hasil apresiasi peserta didik dengan rata-rata skor 4,46 dengan kriteria “sangat baik, hal ini dapat dilihat dari angket yang diberikan bahwa hasil apresiasi siswa terhadap penggunaan e-modul diperoleh persentase 89,13% dengan kategori “positif” atau mendapat respon yang positif oleh peserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ANDRIA |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 01:42 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 01:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26872 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |