Sidqi, Muhammad (2021) Pengembangan media belajar sejarah berbasis focusky pada siswa kelas XII Sma n 7 kota jambi. S1 thesis, Universitas jambi.
Text
HALAMAN PENGESAHAN-dikonversi.pdf Download (106kB) |
|
Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS FOKUSKY PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI-dikonversi.pdf Download (1MB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (186kB) |
|
Text
cover diki.pdf Download (207kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (644kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (187kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (505kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (290kB) |
|
Text
ABSTRACT diki.pdf Download (190kB) |
Abstract
Penggunaan media pada proses pembelajaran diharapkan dapat membuat peserta didik tertarik pada pembelajaran sejarah. Pembelajaran sejarah yang biasanya menggunakan metode ceramah, sering membuat peserta didik bosan dan kehilangan daya tariknya terhadap pembelajaran sejarah. Focusky merupakan aplikasi penyusun bahan ajar multimedia yang disiapkan untuk materi presentasi maupun e-learning yang powerful, lengkap dan mudah digunakan. Focusky menawarkan lingkungan WYSIWYG (what you see what you get) yang bebas dari pemrograman untuk menghasilkan bahan ajar interaktif berkualitas tinggi yang dapat dipublikasikan di internet, Learning Management Systems (LMS), CD-ROM maupun perangkat lainnya (Panggih, 2008:2). Penelitian ini dilakukan pada kelas XII IPS dikarenakan berdasarkan observasi awal, nilai rata-rata siswa pada kelas tersebut sebagian di bawah KKM, khususnya untuk materi sejarah masuk dan berkembangnya agama Hindu-Buddha di Indonesia dikarenakan materi tersebut merupakan materi yang kompleks, seperti teori masuknya, perkembangannya, kebudayaannya, serta runtuhnya kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia yang membuat siswa kurang bahkan sulit memahami materi tersebut. Penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan atau Development Research. Pada pengembangan ini penulis menggunakan model prosedural. Model penelitian pengembangan prosedural yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model ADDIE. Respon siswa dapat dilihat dari uji coba kelompok kecil, besar kemudian uji lapangan. Dari hasil ujicoba kelompok kecil dapat disimpulkan bahwa media dikategorikan sangat baik. Selanjutnya dari hasil ujicoba kelompok besar hasil disimpulkan bahwa media dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil uji lapangan, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dibandingkan sebelum menggunakan media pembelajaran dan media pembelajaran berbasis Focusky layak serta efektif digunakan untuk siswa kelas XI dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Media Pembelajaran, Pengembangan, Pembelajaran Sejarah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | SIDQI |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 03:21 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 03:21 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26906 |
Actions (login required)
View Item |