ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATERI HIDROLISIS GARAM TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA

Damanik, Natalia and Fuldiaratman, Fuldiaratman and Dewi, Fatria (2021) ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATERI HIDROLISIS GARAM TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
skripsi utuh.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
3. depan 2. HALAMAN JUDUL A-dikonversi.pdf

Download (45kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (156kB)
[img] Text
7. ABSTRAK-dikonversi.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB I a-dikonversi.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB V a-dikonversi.pdf

Download (15kB)
[img] Text
isi dapusb a-dikonversi.pdf

Download (37kB)

Abstract

Pendidikan sebagai alah satu usaha sadar manusia untuk mendapatkankeidupan lebih baik lagi dengan mengasah kemapuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk memperbaki kuaitas hidup. Sebagai salah satu keteampilan yang diperlukan keterampilan komunikasi perlu diasah dan dikembangkan. Banyak cara yang di pakai ssalah satunya dengan merapkan model pembelajaran. Dengan memakai model problem based learning sebagai salah satu model yang banyak menuntut siswa untuk bertukar fikiran dan berdiskusi. Sehinga model ini bisa dipakai sebagai salah satu alternatif untuk mengasah keterampilan komunikasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keterlaksanaan model Problem Based Learning dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada materi Hidrolisis garam dikelas XI IPA SMAS YPWI Muslimat Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mix method dengan menggunakan kedua data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif dengan jenis sequential exploratory (model urutan penemuan). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu kelas X MIPA. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model Problem based learning baik dari guru maupun siswa dan tes soal esai siswa. Teknik analisis data kualitatif menggunakan Miles and Huberman dan teknik analisis kuantitatif menggunakan uji korelasi product moment dan analisis koefisien determinasi (r2).. Keterlaksaan model Problem Based Learning oleh guru dan siswa telah terlaksana sesuai prinsip model Problem Based Learning setiap Pertemuannya. Korelasi keterlaksaan model Problem Based Learning dalam materi hidrolisis garam terhadap keterampilan komunikasi siswa dikategorikan kurang dengan rata-rata 0,34. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dalam materi hidrolisis garam terhadap keterampilan komunikasi siswa smas ypwi muslimat Kota Jambi sudah terlaksana dengan baik oleh guru dan siswa serta namun, tidak berpengaruh besar dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: DAMANIK
Date Deposited: 01 Oct 2021 07:27
Last Modified: 01 Oct 2021 07:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26907

Actions (login required)

View Item View Item