ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN PENGARUHNYA TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI KOLOID SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI

Anggara, Gozi and Haryanto, Haryanto and Dewi, Fatria (2021) ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN PENGARUHNYA TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI KOLOID SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

This is the latest version of this item.

[img] Text
sks gozi baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
1. Cover-dikonversi.pdf

Download (32kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING_GOZI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
5. ABSTRAK-dikonversi.pdf

Download (35kB)
[img] Text
1. BAB I (2).docx

Download (31kB)
[img] Text
6. BAB V.docx

Download (18kB)
[img] Text
Daftar Pustaka (1).docx

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya ketertarikan siswa akan materi kimia yang diajarkan dan kurangnya motivasi belajar siswa yang disebabkan oleh pembelajaran yang monoton sehingga dapat mengakibatkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran dan hasil belajar pun rendah. Dalam proses pembelajaran dibutuhkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Teams Assisted Individualization dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keterlaksanaan model pembelajaran Teams Assisted Individualization serta pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran koloid kelas XI SMAN 11 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mix method dengan menggunakan kedua data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif dengan jenis sequential exploratory (model urutan penemuan). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu kelas XI MIPA 1. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model Teams Assisted Individualization baik dari guru maupun siswa dan tes soal esai siswa. Teknik analisis data kualitatif menggunakan Miles and Huberman dan teknik analisis kuantitatif menggunakan uji korelasi product moment dan analisis koefisien determinasi (r2). Keterlaksanaan model Teams Assisted Individualization oleh guru mengalami perbaikan disetiap pertemuan, keterlaksanaan model Teams Assisted Individualization oleh siswa sebesar 69,65% dengan kategori baik dan kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 76,39% dengan kategori baik. Hubungan keterlaksanaan model Teams Assisted Individualization dengan hasil belajar siswa dikategorikan sedang dengan rxy 0,424. Analisis koefisien determinasi didapatkan hasil 18,02% dengan kategori sangat rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Teams Assisted Individualization berjalan dengan baik pada materi koloid serta berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 11 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ANGGARA
Date Deposited: 04 Oct 2021 03:47
Last Modified: 04 Oct 2021 03:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26943

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item