Sanjaya, M. Dony (2021) KETERPILIHAN ANGGOTA DPRD DI KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT PADA PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF TAHUN 2019 (Studi Kasus : Terpilihnya Calon Legislatif Muda). S1 thesis, Ilmu Politik.
![]() |
Text
A. Skripsi Full Text (DONY).pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
B. Cover cvr.pdf Download (450kB) |
![]() |
Text
C. Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (944kB) |
![]() |
Text
D. Abstract.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf Download (665kB) |
![]() |
Text
F. BAB IV (Kesimpulan).pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
G. Daftar Pustaka.pdf Download (419kB) |
Abstract
ABSTRAK Latar belakang pada penelitian ini adalah ketertarikan peneliti terhadap strategi yang digunakan dalam keterpilihan calon legislatif pada pemilihan legislatif yang masih tergolong usia muda. Memiliki usia muda dan dapat dikatakan belum mempunyai pengalaman dibidang politik, tentunya sangat berpengaruh pada pandangan pemilih untuk memilih calon tersebut sebagai keterwakilan dari suara masyrakat. Seperti halnya di DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat pada tahun 2019 ada beberapa calon legislatif yang lolos duduk dikursi DPRD dengan usia yang masih muda. Untuk membuktikan strategi yang digunakan oleh calon legislatif peneliti menggunakan jenis strategi dengan penerapan marketing politik dan penjelmaan klientelisme politik yang mengukur kualitas kampanye dalam memperoleh kesuksesan keterpilihan. Hasil penelitian ini meunjukkan bahwa dalam pemenangan calon legislatif melakukan marketing politik dengan pembentukan figure dan program-program kampanye yang kompleks mecakup dari penentuan produk yaitu ketokohan pemuda dan jenjang pendidikan, promotion yaitu, penggunaan media-media kampanye baik itu media cetak maupun media online, place yaitu penempatan yaitu pengelompokan masyarakat secara demografis, price yaitu kerja politik yang dilakukan calon legislatif terpilih dan segmentasi pemilih yaitu pendekatan dengan kelompok-kelompok masyarakat. Dan klientelisme politik menjelma kedalam sosok calon legislatif muda yaitu jaringan kekeluargaan dan jaringan para pekerja dari orang tua calon legislatif terpilih. Dalam hal ini, penggabungan peran antara marketing politik dan klientelisme telah membantu calon-calon legislatif muda dalam memenangkan Pileg DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat tahun 2019. Kata Kunci: Proses Keterpilihan, Marketing Politik, Klientelisme Politik, Legislatif Muda, Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | SANJAYA |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 04:04 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 04:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26985 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |