Analisis keterlaksanaan model kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition dan pengaruhnya terhadap kemandirian belajar siswa pada materi pokok minyak bumi di SMA

Amaliah, Dissa Analisis keterlaksanaan model kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition dan pengaruhnya terhadap kemandirian belajar siswa pada materi pokok minyak bumi di SMA. Analisis keterlaksanaan model kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition dan pengaruhnya terhadap kemandirian belajar siswa pada materi pokok minyak bumi di SMA.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (328kB)

Abstract

Kemandirian belajar dalam proses pembelajaran sangat penting diperhatikan oleh guru. Individu yang memiliki kemandirian belajar tinggi akan cenderung belajar lebih aktif, mampu memantau, mengevaluasi dan mengatur belajarnya agar lebih efektif. Model CIRC adalah salah satu alternatif yang bisa meningkatkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model CIRC dan mengetahui pengaruh antara keterlaksanaan model CIRC terhadap kemandirian belajar siswa di SMAN 11 Kota Jambi dalam pembelajaran minyak bumi. Desain penelitian ini adalah pre-experimental desain dengan jenis penelitian The One Shot Case Study yang menggunakan sampel penelitian random sampling. Adapun sampel yang dipilih hanya satu kelas yaitu kelas XI MIPA 3. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model CIRC baik dari guru maupun siswa, dan lembar angket kemandirian belajar siswa. Data kuantitatif diuji normalitas dan homogenitasnya kemudian dicari hubungan keterlaksanaan model CIRC dan kemandirian siswa dengan korelasi produk momen. Selanjutnya dilakukan uji-t untuk melihat signifikansi pengaruh keterlaksanaan model CIRC dengan kemandirin siswa. Data kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis Miles dan Huberman. Keterlaksanaan model CIRC oleh guru dan siswa termasuk dalam kategori baik. Hal ini dilihat dari persentase lembar observasi guru dan siswa serta yang diperkuat oleh tulisan observer yang telah dianalisis sebelumnya. Data ini berdistribusi normal dan homogen, koefisien korelasi yang diperoleh yaitu sebesar 0,49, berarti hubungan antara keterlaksanaan model CIRC dengan kemandirian siswa memiliki tingkat hubungan sedang. Dilihat dari thitung>ttabelyaitu 3,468> 1,686 berarti keterlaksanaan model CIRC berpengaruh terhadap kemandirian siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan model CIRC berjalan dengan baik dan terdapat pengaruh antara keterlaksanaan model CIRC dengan kemandirian siswa dalam pembelajaran di SMAN 11 kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: DISSA AMALIAH
Date Deposited: 12 Jan 2018 08:58
Last Modified: 12 Jan 2018 08:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2705

Actions (login required)

View Item View Item