IDENTIFIKASI INTERAKSI SOSIAL GURU DAN SISWA DALAM KEGIATAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DIKELAS VIII SMPN 22 KOTA JAMBI

pratama, idwar anggi IDENTIFIKASI INTERAKSI SOSIAL GURU DAN SISWA DALAM KEGIATAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DIKELAS VIII SMPN 22 KOTA JAMBI. IDENTIFIKASI INTERAKSI SOSIAL GURU DAN SISWA DALAM KEGIATAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DIKELAS VIII SMPN 22 KOTA JAMBI.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH ANGGI IDWAR PRATAMA.pdf

Download (777kB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan latar belakang permasalahan yang terjadi di SMP Negeri 22 Kota Jambi bahwa di sekolah tersebutsiswa yang sering berinteraksidengan gurunya mengalami proses belajar yang baik atau efektif karna ketika siswa berinteraksi secara tidak langsung meningkatkan motivasi, meningkatkan minat dan gairah murid dalam mengikuti proses pembelajaran. Sedangkan siswa yang kurang berinteraksi dengan gurunya mendapatkan pembelajaran yang tidak baik, karna kurangnya motivasi, minat dan gairah dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana interaksi sosial guru dan siswa dalam kegiatan proses belajar mengajar di kelas VIII SMP N 22 Kota Jambi baik berdasarkan kualitas interaksi sosial secara keseluruhan dan berdasarkan indikator yaitu aspek komunikasi, aspek sikap, aspek tingkah laku kelompok, dan aspek norma sosial. Penelitian ini dibatasi pada permasalahan mengenai interaksi sosial guru dan siswa dalam kegiatan proses belajar mengajar dengan indikator aspek komunikasi, aspek sikap, aspek tingkah laku kelompok, dan aspek norma sosial. Menurut Sarwono (2014:185)mengemukakan beberapa aspek dalam interaksi sosial, yaitu aspek komunikasi, aspek sikap, aspek tingkah laku kelompok dan aspek norma sosial. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 91 orang siswa kelas VIII SMPN 22 Kota Jambi. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dhikotomis dengan 2 (dua) pilihan jawaban yaitu “Ya” dan “Tidak”. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif yaitu jenis penelitian yang berusaha menggambarkan keadaan subjek saat itu atau menggambarkan lapangan sebagaimana adanya. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas interaksi sosial guru dan siswa dalam kegiatan proses belajar mengajar di kelas VIII SMP N 22 Kota Jambi berada pada posisi kualitas “Baik” (75,1%). Dan dilihat berdasarkan pada masing-masing indikator yaitu aspek komunikasi berada pada kualitas baik (77,3%), aspek sikap berada pada kualitas baik (81,9%), aspek tingkah laku kelompok berada pada kualitas sedang (57,7%) dan aspek norma sosial berada pada kualitas baik (75,8%).. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada pihak sekolah khususnya guru BK bisa sebagai data penguat untuk membantu siswa yang menghadapi masalah dan sebagai acuan untuk melihat bagaimana interaksi sosial guru dan siswa dalam kegiatan proses belajar mengajar.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: ANGGI IDWAR PRATAMA
Date Deposited: 12 Jan 2018 07:31
Last Modified: 12 Jan 2018 07:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2708

Actions (login required)

View Item View Item