APRILIA, MAYA (2021) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER CERITA RAKYAT DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMA KELAS X. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (47kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf Download (236kB) |
Abstract
Maya Aprilia, 2021. Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter Cerita Rakyat dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas X. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs. Eddy Pahar H, M.Pd. Pembimbing (II) Drs. Imam Suwardi W, M.Pd Kata kunci: analisis nilai pendidikan karakter cerita rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada cerita rakyat melalui acuan buku teks bahasa Indonesia siswa SMA kelas X yaitu melalui tiga buah cerita rakyat dengan judul Hikayat Indera Bangsawan, Hikayata Bunga Kemuning, dan Hikayat Si Miskin. Penilitian ini dideskripsikan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu melalui buku teks Bahasa Indonesia siswa SMA kelas X. Data yang diperoleh yaitu melalui seluruh cerita rakyat yang ada di dalam buku teks Bahasa Indonesia siswa SMA kelas X, dan sumber data berupa hasil analisis nilai-nilai pendidikan karakter di dalam buku teks bahasa Indonesia SMA kelas X yang dideskripsikan. Instrument yang digunakan penelitian sendiri (human instrumental), yaitu peneliti sebagai pengamat dan peran serta. teknik analisis data melalui metode padan ialah teknik pilah unsur penentu yang bersifat mental yang dimiliki peneliti. Kesimpulan analisis nilai-nilai pendidikan karakter seluruhnya terdapat di dalam keseluruhan cerita rakyat yang terdapat di dalam buku teks Bahasa Indonesia siswa SMA kelas X, yang dibangun oleh nilai-nilai pendidikan meliputi religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Saran Hikayat Indera Bangsawan dan Hikayat Si Miskin ini dibuat sejak sebelum Indonesia merdeka sehingga belum sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI). Diharapkan pada saat alih aksara hikayat ini dibuat sesuai dengan bahasa Indonesia yang sesuai dengan EBI yang berlaku pada saat ini.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis nilai pendidikan karakter cerita rakyat. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | APRILIA |
Date Deposited: | 26 Oct 2021 03:37 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 03:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27145 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |