Putri Amelia, Dila and <font style="vertical-align: inherit;"><font style="vertical-ali, <font style="vertical-align: inherit;"><font style="vertical-ali and <font style="vertical-align: inherit;"><font style="vertical-ali, <font style="vertical-align: inherit;"><font style="vertical-ali (2021) PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR KEMENDIKBUD DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SECARA DARING SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 3 TEBO. S1 thesis, FKIP Pendidikan Sejarah.
Text
A1A217032 Dila Putri Amelia.pdf Download (825kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (28kB) |
|
Text
Halaman persetujuan dan halaman pengesahan.pdf Download (734kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (25kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (13kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (17kB) |
Abstract
ABSTRAK Amelia, Dila Putri. 2021. Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud dalam Pembelajaran Sejarah secara Daring Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 3 Tebo: Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd. Pembimbing (2) Isrina Siregar, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Portal Rumah Belajar, Pembelajaran Sejarah, Pembelajaran Daring Coronavirus Desease (Covid-19) telah membawa perubahan pada seluruh aspek kehidupan manusia tanpa terkecuali dalam bidang Pendidikan. Pemerintah pun tanggap dengan penyebaran Virus Covid-19 dalam bidang pendidikan dengan diterbitkannya SE No. 04 Tahun 2020 mengenai pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus dengan pelaksanaaan pembelajaran secara jarak jauh atau Daring. Perubahan yang terjadi secara cepat dan mendadak akibat penyebaran Covid-19 membuat semua tenaga pendidik untuk melek teknologi, melalui teknologi inilah satu-satunya jembatan yang dapat menghubungkan guru dan siswa dalam pembelajaran tanpa tatap muka, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran Portal Rumah Belajar Kemendikbud. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud dalam pembelajaran sejarah secara daring siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 3 Tebo serta hambatan dan solusi dalam mengatasi hambatan yang ditemukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian berupa fenomenologi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa guru telah memanfaatkan portal rumah belajar sebagai media pembelajaran dalam menunjang kegiatan pembelajaran daring. Beberapa fitur yang dimanfaatkan oleh guru dalam pembelajaran yaitu sumber belajar, buku sekolah elektronik (BSE), bank soal, dan peta budaya. Dari hasil kuisioner (angket) peserta didik pada pemanfaatan portal rumah belajar dalam pembelajaran sejarah secara daring siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 3 dapat dikategorikan baik dengan 77%. Kemudian dalam pelaksanaan pemanfaatan portal rumah belajar terdapat bebarapa hambatan yaitu dari dalam diri siswa dan hambatan teknis. Pada penelitian ini mendeskripsikan solusi untuk mengatasi hambatan yang terjadi dalam pemanfaatan portal rumah belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan penelitian pemanfaatan portal rumah belajar dalam pembelajaran sejarah secara daring siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 3 Tebo secara keseluruhan sudah terlaksana dengan baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | AMELIA |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 06:51 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 06:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27161 |
Actions (login required)
View Item |