Lafenta, Alma and Syahrial, Syahrial and Noviyanti, Silvi (2021) PENGALAMAN ORANG TUA MENDAMPINGI SISWA SD BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID 19. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
SKRIPSI ALMA LAFENTA A1D117111 bismillahirohmanisrrohim fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
Cover.pdf Download (214kB) |
|
Text
persetujuan dan pengesahan.pdf Download (661kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (184kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (391kB) |
|
Text
Bab V.pdf Download (282kB) |
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (305kB) |
Abstract
ABSTRAK Lafenta, Alma. 2021. Pengalaman Orang Tua Mendampingi Siswa Sd Belajar Pada Masa Pandemi Covid 19, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D. (II) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Pengalaman Orang Tua, Belajar Penelitian ini di latar belakangi semenjak terjadinya pandemi covid 19 di Indonesia, perintah telah mengharuskan mengambil kebijakan untuk mencegah penyebarluasan virus. Untuk memutus penyebarluasan virus pemerintah menerapkan belajar secara daring dari mulai tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Hal ini mengandung arti bahwa orang tua sementara waktu menggantikan peran guru dalam mendampingi anak belajar di rumah. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana pengalaman orang tua mendampingi siswa SD belajar pada masa pandemi covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengalaman orang tua mendampingi siswa SD belajar pada masa pandemi covid 19. Penelitian ini dilakukan di Desa Sangir Tengah, Kec. Kayu Aro, Kab. Kerinci, Prov. Jambi pada Januari 2021. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada 10 Orang Tua di Desa Sangir Tengah yang mendampingi anaknya selama pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengalaman orang tua mendampingi siswa sd belajar pada masa pandemi covid 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan dari orang tua sangat dibutuhkan oleh anak dalam belajar secara daring selama pandemi covid 19 ini. Berdasarkan hasil wawancara dengan 10 orang tua yang mendampingi anak mereka belajar selama pandemi covid 19 diperoleh data pengalaman orang tua yang dapat dikategorikan sesuai tema-tema. Tema-tema ini dikeluarkan dari jawaban orang tua dan dijadikan patokan untuk menarasikan informasi, tema-tema ini dikeluarkan setelah membaca jawaban dari semua jawaban orang tua berkali-kali. Berikut 20 narasi temuan yang sesuai dengan tema-tema dari hasil wawancara secara langsung dengan orang tua yaitu pengalaman kesulitan belajar secara daring, pengalaman selalu mendampingi, pengalaman menggunakan internet sebagai media belajar, pengalaman memberi motivasi, pengalaman mengajak anak belajar di luar, pengalaman disiplin, pengalaman perhatian terhadap anak, pengalaman membantu anak, pengalaman menyediakan fasilitas belajar, pengalaman tidak memaksa, pengalaman pem,batasan menonton TV dan menggunakan Handphone, pengalaman membantu mengembangkan bakat, pengalaman menjelaskan materi, pengalaman bersabar, pengalaman berkomunikasi yang baik dengan anak, pengalaman sebagai pembimbing, pengalaman bersikap tegas, pengalaman memberi waktu bermain untuk anak, pengalaman selalu mendukung anak, dan pengalaman berkomunikasi dengan guru.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | LAFENTA |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 03:16 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 03:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27176 |
Actions (login required)
View Item |