ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MIA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING BIOLOGI PADA MASA PANDEMI (COVID-19) DI SMA NEGERI SE KABUPATEN TEBO

ATMAJA DWI, DIAN and Wicaksana, Ervan Johan and Sanjaya, Erick (2021) ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MIA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING BIOLOGI PADA MASA PANDEMI (COVID-19) DI SMA NEGERI SE KABUPATEN TEBO. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI DIAN DWI ATMAJA S (A1C416030) ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MIA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING BIOLOGI PADA MASA PANDEMI (COVID-19) DI SMA Negeri Se KABUPATEN TEBO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (54kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (45kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (171kB)

Abstract

Pendidikan di abad 21 penggunaan teknologi lebih dioptimalkan karena pembelajaran yang terjadi sudah berbasis pembelajaran daring (online). Hal ini terjadi karena pandemi Covid-19 yang telah mewabah di dunia serta sesuai dengan surat edaran (Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No 4 tahun 2020), yang berisikan arahan pembelajaran diharuskan dari rumah atau secara dalam jaringan (online) baik jenjang pendidikan dasar sampai tingkat universitas mengharuskan siswa belajar dari rumahnya masing-masing. Akibatnya dalam dunia pendidikan khususnya sekolah, membuat proses pembelajaran menjadi terganggu karena mengharuskan adanya aturan jaga jarak (Physical distancing) antara manusia untuk menghindari penularan virus ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa kelas X MIA terhadap pembelajaran daring biologi di SMA Negeri Se Kabupaten Tebo. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran daring biologi cukup, hal ini berdasarkan pada perolehan data dari instrumen angket yang telah dibagikan dengan menggunakan (google form) pada indikator; perasaan senang (51%) kategori cukup, kemauan (48%) kategori cukup, kecerdasaan (46%) kategori cukup dan kemandirian (49%) kategori cukup. Rata-rata keseluruhan indikator sebesar (49%) kategori cukup. Faktor pendukung pembelajaran daring biologi di SMA Negeri Se kabupaten Tebo adalah akses jaringan internet yang sudah memadai, sebagian besar siswa telah memiliki smartphone/android, Adanya bantuan kuota belajar dari kemendikbud, buku paket dari perpustakaan sekolah dan kesadaran siswa untuk tetap belajar walaupun pandemi covid-19 masih berlangsung. Faktor penghambat pembelajaran daring biologi di SMA Negeri Se Kabupaten Tebo adalah dalam proses pembelajarannya masih banyak guru dan siswa yang belum semua mampu memanfaatkan teknologi secara optimal. Sehingga proses pembelajarannya hanya menggunakan aplikasi whatsapp (WA) dimana dalam proses pembelajarannya guru memberikan materi pelajaran dalam bentuk file, Power Point (PPT) dan video pembelajaran serta pemberian tugas.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: S
Date Deposited: 19 Oct 2021 04:26
Last Modified: 27 Oct 2021 03:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27183

Actions (login required)

View Item View Item