PERAN PANTI ASUHAN DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN TAMAN BINA INSANY KELURAHAN MURNI KECAMATAN DANAU SIPIN KOTA JAMBI

Afriani, Osy (2021) PERAN PANTI ASUHAN DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN TAMAN BINA INSANY KELURAHAN MURNI KECAMATAN DANAU SIPIN KOTA JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

[img] Text
full skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (404kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN dan pengesahan.pdf

Download (395kB)

Abstract

ABSTRAK Hasil observasi awal pada penelitian ini menunjukan adanya karakter anak asuh yang masih belum sesuai dengan nilai-nilai yang diharapkan pada nilai gotong royong serta nilai religius yang merupakan basic utama dalam penanaman pendidikan karakter di Panti Asuhan Taman Bina Insany. Panti Asuhan Taman Bina Insany memiliki lembaga naungan yaitu Yayasan Tarbiyah Mazniyah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran panti asuhan dalam upaya serta faktor pendukung dan penghambat menanamkan pendidikan karakter pada nilai religius dan nilai gotong royong anak asuh di Panti Asuhan Taman Bina Insany. Metode penelitian ini ialah dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu ketua panti asuhan sekaligus sebagai kepala Madrasah Aliyah Yayasan Tarbiyah Mazniyah, Pembina anak asuh serta dua orang anak asuh dan guru PPKn yayasan Tarbiyah Mazniyah. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran Panti Asuhan Taman Bina Insany dalam upaya menanamkan pendidikan karakter pada nilai religius dan gotong royong dilaksanakan melalui program-program, aturan, metode, sanksi yang dapat mengembangkan karakter religius dan gotong royong anak asuh. Selain itu masih terdapat masalah dan kendala sehingga upaya penanaman pendidikan karakter di Panti Asuhan Taman Bina Insany tidak dapat berjalan dengan maksimal. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, simpulan hasil penelitian ini mengenai Peran panti asuhan dalam menanamkan pendidikan karakter pada nilai religius dan gotong royong anak asuh dengan memberikan pelayanan kuratif dan rehabilitive berupa bimbingan, perbaikan/pemulihan terhadap masalah karakter anak asuh dan pengembalian hak-hak anak untuk memperoleh kedudukan serta perannya agar dapat berkembang secara wajar. Adapun dalam upaya penanaman pendidikan karakter pada nilai religius dan nilai gotong royong didukung oleh kesediaan dan tekad pengurus panti asuhan, komitmen anak asuh dengan panti asuhan dan lingkungan sosial yang kondusif. Namun dengan upaya dan faktor pendukung yang ada, kesulitan dalam melaksanakan pendidikan karakter di Panti Asuhan Taman Bina Insany juga dipengaruhi oleh beberapa faktor penghambat yaitu kemauan anak yang masih rendah, background anak asuh yang heterogen, kurangnya sarana prasarana dan SDM (Sumber Daya Manusia), kurangnya perencanaan kerja sama yang matang antara panti asuhan dengan yayasan dalam pelaksanaan pendidikan karakter.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: AFRIANI
Date Deposited: 21 Oct 2021 02:49
Last Modified: 21 Oct 2021 02:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27194

Actions (login required)

View Item View Item