Nofitri, Annisa Analisis keterlaksanaan model pembelajaran contextual teaching and learnig(CTL)dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi termokimia kelas XI IPA SMA Islam Al-Falah Jambi. Analisis keterlaksanaan model pembelajaran contextual teaching and learnig(CTL)dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi termokimia kelas XI IPA SMA Islam Al-Falah Jambi.
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf Download (374kB) |
Abstract
ABSTRAK Salah satu kemampuan berpikir yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan berpikir kritis. Pembelajaran CTL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dimana konsep pembelajaran ini membantu guru mengkaitkan materi pelajaran dengan situasi dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran CTL, hasil belajar siswa serta pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi termokimia kelas XI IPA 2 di SMA Islam Al Falah Jambi. Jenis penelitian ini penelitian mix methods (ConcurrentEmbedded), desain yang digunakan Posttest-Only Control Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling. Instrument yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, siswa dan kemampuan berpikir kritis. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis siswa dihitung dengan korelasi product moment. Untuk melihat pengaruh keterlaksanaan model CTL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa digunakan uji-t. Keterlaksanaan model pembelajaran CTL oleh guru sebesar 85,12% dan oleh siswa sebesar 84,35%. Korelasi antara keterlaksanaan model dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai rxy 0,611 tingkat hubungan kuat, dan terdapat pengaruh keterlaksanaan model terhadap kemampuan berpikir kritis berdasarkan pada thitung = 4,434 > ttabel = 1,692. Begitu juga dengan hubungan hasil belajar dari pelaksanaan model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis dengan nilai rxy sebesar 0,643 tingkat hubungan kuat, dan terdapat pengaruh hasil belajar siswa dari pelaksanaan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis berdasarkan pada thitung = 4,821 > ttabel = 1,692. Rata-rata hasil belajar pertemuan pertama sebesar 60,54, pertemuan kedua sebesar 76,96, pertemuan ketiga sebesar 77,14. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan menunjukkan keterlaksanaan model pembelajaran CTL oleh guru dan siswa pada materi termokimia terlaksana dengan sangat baik dan terdapat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran CTL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, begitu juga terdapat pengaruh hasil belajar siswa dari pelaksanaan model pembelajaran CTL terhadap berpikir kritis siswa pada materi termokimia di Kelas XI IPA 2 SMA Islam Al Falah Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ANNISA NOFITRI |
Date Deposited: | 15 Jan 2018 00:44 |
Last Modified: | 15 Jan 2018 00:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2725 |
Actions (login required)
View Item |