HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 KOTA JAMBI

Srinikasari, Ariska HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 KOTA JAMBI. Hubungan Kepercayaan Diri dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Jambi.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (29kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Hubungan Kepercayaan Diri dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII SMP N 10 Kota Jambi Namam Mahasiswa : Ariska Srinikasari NIM : A1E113002 Pembimbing I : Drs. Asradi, MM Pembimbing II : Drs. Joni Afri, M,Pd Kata Kunci : Kepercayaan Diri, Interaksi Sosial Penelitian ini berlatar belakang berdasarkan fenomena yang terlihat di lapangan yaitu SMP N 10 Kota Jambi. Terdapat beberapa siswa yang merasa kurang percaya diri karena mempunyai badan yang tidak ideal, kurang tenar dan gaul sehingga menarik diri dari lingkungannya. Selain itu siswa yang memiliki kelompok dalam teman sebayanya akan merasa berkuasa apabila berada dalam lingkungan kelompok tersebut, namun ketika tidak dalam kelompok bermainnya kepercayaan diri siswa terhadap lingkungan akan sedikit menurun. Terlihat juga adanya siswa yang kurang aktif saat proses belajar berlangsung yaitu tidak berani dalam mengengemukakan pendapat di didalam kelas saat jam belajar,. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan gambaran hubungan kepercayaan diri dengan interaksi sosial siswa kelas VIII SMP N 10 kota Jambi. mengungkapkan bahwa Percaya diri adalah kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang memberikan keyakinan kuat pada dirinya untuk berbuat. Orang yang tidak percaya diri mamiliki konsep diri yang negative, kurang percaya pada kemampuannya, karena itu sering menutup diri (Tantaaway dalam Setiawan 2014:12). mendefinisikan interaksi sebagai peristiwa yang saling memengaruhi satu sama lain ketika dua orang atau lebih hadir bersama, mereka menciptakan suatu hasil satu sama lain, atau berkomunikasi satu sama lain (Thibaut dan Kelley dalam Ali Asrori 2012:87). Jenis penelitian ini adalah korelasional, dengan populasi 226 yaitu seluruh jumlah siswa kelas VIII SMP N 10 Kota Jambi. Dari julah populasi tersebut kemudian dihitung jumlah sampel representatifnya sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 79 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket 62 item pernyataan. Uji prasyarat analis yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji homogenitas. Data yang diperoleh diolah menggunakan statistic parametric rumus korelasi product moment dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil dari analisis data menemukan hasil yang menyatakan bahwa terdapat hubungan kepercayaan diri dengan interaksi sosial siswa kelas VIII SMP N 10 Kota Jambi dengan nilai r hitung 0,518 jadi dapat dinyatakan bahwa tingkat korelasi sedang dengan dibuktikan kebenarannya. Implikasi yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini terhadap bimbingan dan konseling di sekolah, guru dapat berupaya membantu siswa dalam menumbuh-kembangkangkan rasa percaya diri siswa melalui pemberian berbagai layanan dengan materi yang baik karena kepercayaan diri mempengaruhi cara berinteraksi seseorang dengan lingkungannya.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: ARISKA SRINIKASARI
Date Deposited: 15 Jan 2018 00:44
Last Modified: 15 Jan 2018 00:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2728

Actions (login required)

View Item View Item