WIBOWO, RADEN HARI AKBAR Hubungan antara sikap dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Kota Jambi. JURNAL Hubungan antara sikap dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Kota Jambi.
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (6kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul Skripsi : Hubungan antara sikap dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Kota Jambi Nama : RADEN HARI AKBAR WIBOWO NIM : ERA1D012029 Dosen Pembimbing : 1. Dr. H. Hendra Sofyan, M.Si 2. Prof. Dr. Hj. Emosda, M.Pd, Kons Sikap belajar adalah suatu sikap, tingkah laku dan perbuatan siswa untuk melakukan aktivitas belajar yang sesuai dengan keputusan-keputusan, peraturan-peraturan dan norma-norma yang telah ditetapkan bersama, baik persetujuan tertulis maupun tidak tertulis antara siswa dengan guru di sekolah maupun dengan orang tua di rumah. Dengan tujuan agar setiap individu memiliki sikap belajar. Pada dasarnya prestasi belajar setiap orang itu berbeda, antara orang yang satu dengan yang lainnya itu tidak sama. Hal ini terjadi disebabkan karena adanya faktor yang ada dalam diri individu (faktor intern) dan faktor di luar individu (faktor ekstern). Dengan adanya kedua faktor tersebutlah yang dapat mempengaruhi tingkat prestasi seseorang. Disamping kedua faktor tersebut, masih ada faktor lainnya yang dapat mempengaruhi prestasi belajar seseorang. Dalam belajar atau mempelajari sesuatu itu tidak hanya dalam waktu yang singkat dan cepat, tetapi perlu untuk meluangkan waktu sedikit setiap hari untuk belajar dan itu juga harus konsisten. Dengan demikian, maka dapat membuat seseorang menjadi dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan apakah terdapat adanya hubungan antara sikap dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa. Jumlah sampel yang diambil didalam penelitian ini sebesar 60% atau 72 orang dari populasi, penarikan sampel dilakukan dengan total simple random sampling sedangkan teknik pengambilan data dengan angket sikap belajar dan leger nilai prestasi belajar semester II tahun ajaran 2016/2017 diolah dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara sikap dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa dengan hasil pengolahan data didapatkan korelasi untuk rxy = 0,32 ini korelasi tergolong korelasi rendah, hubungan jelas tetapi kecil. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara sikap dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajarnya. Maksudnya sikap dan kebiasaan belajar ini memiliki kontribusi atau hubungan pada pencapaian prestasi belajarnya dalam pengertian yang lain semakin baik sikap dan kebiasaan belajar siswa maka akan semakin baik pula prestasi belajarnya. Sikap dan kebiasaan belajar dan prestasi belajar mempunyai implikasi penting dalam bimbingan dan konseling. Dengan adanya sikap dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar akan dapat menimbulkan kebahagiaan pada diri siswa sehingga siswa dapat mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar dengan baik dan optimal. Bila hasil penelitian ini diimplikasikan pada kegiatan bimbingan dan konseling maka dalam proses konseling berupaya membantu siswa untuk dapat memperoleh prestasi belajar yang optimal dan menumbuhkan pandangannya serta anggapannya mengenai belajar secara positif yang pada gilirannya akan menimbulkan kepuasan pada diri siswa.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RD. HARI AKBAR WIBOWO |
Date Deposited: | 16 Jan 2018 01:38 |
Last Modified: | 16 Jan 2018 01:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2734 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |