Dwijayanti, Novia Sri and Sari, Nurmala (2021) Profesionalisme Kinerja Guru dan Kemampuan Literasi Digital Guru Berpengaruh terhadap Kualitas Pembelajaran Daring SMK 5 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11 (2). ISSN 2580-7463
![]() |
Text
211-724-1-PB.pdf Download (292kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara: (1) profesionalisme kinerja guru terhadap kualitas pembelajaran daring; (2) kemampuan literasi digital guru terhadap kualitas pembelajaran daring; dan (3) profesionalisme kinerja guru dan kemampuan literasi digital guru terhadap kualitas pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian Ex Po Facto. Populasi pada penelitian ini sebanyak 46 orang. Teknik pengambilan sampel dengan sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh X1 terhadap Y dengan thitung > ttabel (3,873 > 2,01669); (2) terdapat pengaruh X2 terhadap Y diperoleh thitung > ttabel (2,480 > 2,01669); (3) terdapat pengaruh secara simultan, X1 dan X2 terhadap Y berdasarkan analisis data diperoleh Fhitung > Ftabel (16,506 > 3,214) dan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,434 yang berarti bahwa kualitas pembelajaran daring dipengaruhi oleh profesionalisme kinerja guru dan kemampuan literasi digital guru sebesar 43,4%. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh profesionalisme kinerja guru dan kemampuan literasi digital guru terhadap kualitas pembelajaran daring di SMK Negeri 5 Kota Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Novia Sri Dwijayanti |
Date Deposited: | 02 Nov 2021 06:22 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 06:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |