Sari, Mayang ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KREATIVITAS SISWAPADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI IPA SMAN 2 KOTA JAMBI. ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KREATIVITAS SISWAPADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI IPA SMAN 2 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf Download (494kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing serta pengaruhnya terhadap kreativitas siswa pada materi termokimia di kelas XI IPA SMAN 2 Kota Jambi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi-Eksperimen dengan desain one group posttest desaign. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan modeloleh guru dan siswa serta kreativitas siswa dan tes hasil belajar. Pengujian hipotesis yang digunakan yaitu uji korelasi product moment yang selanjutnya dilihat signifikasi pengaruhnya dengan uji t. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh persentase keterlaksanaan model problem posing tipe post solution posing oleh guru sebesar 78,00% (baik) dan siswa sebesar 71,09%(baik). Persentase kreativias siswa sebesar 65,19% (baik) dan tes hasil belajar siswa sebesar 70,28% (baik). Hubungan keterlaksanaan model problem posing tipe post solution dan kreativitas siswa diperoleh rxy= 0,667 dengan tingkat hubungan pada kategori kuat dan uji t sebesar 5,66, sehingga hipotesis penelitian (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh keterlaksanaan model problem posing tipe post solution posing terhadap kreativitas siswa pada materi termokimia kelas XI IPA SMAN 2 Kota Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MAYANG SARI |
Date Deposited: | 16 Jan 2018 01:38 |
Last Modified: | 16 Jan 2018 01:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2741 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |