Febriyanti, Elva PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DI SMAN 2 KOTA JAMBI. PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DI SMAN 2 KOTA JAMBI.
Text
ARTIKEL ILMIAH ELVA.pdf Download (705kB) |
Abstract
Kurangnya penggunaan bahan ajar yang tepat serta tidak sesuai dengan kebutuhan peserta didik menyebabkan kurangnya kemampuan menganalisis peserta didik terhadap proses pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik elektronik (e-LKPD) berbasis problem solving pada materi kesetimbangan kimia dalam meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Ada 5 tahapan utama dalam penelitian ini terdiri dari tahap, analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli media dan materi selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil yakni lima belas orang siswa kelas XI MIA 4 di SMAN 2 Kota Jambi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah produk media pembelajaran yang dibuat menggunakan program 3D Pageflip Professional. Produk tersebut divalidasi oleh ahli media dan ahli materi dan dilakukan revisi produk berdasarkan saran-saran ahli serta dinyatakan layak diuji cobakan. Hasil respon siswa SMAN 2 Kota Jambi pada uji coba kelompok kecil yang dilakukan kepada 15 orang siswa di kelas XI MIA 4, yaitu 79% (baik/sesuai), dan hasil respon guru SMAN 2 Kota Jambi, yaitu 96 % (sangat baik). Berdasarkan proses pengembangan mulai dari validasi media maupun materi hingga hasil uji coba kelompok kecil, secara keseluruhan disimpulkan bahwa produk media pembelajaran ini sangat baik untuk digunakan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ELVA FEBRIYANTI |
Date Deposited: | 16 Jan 2018 01:38 |
Last Modified: | 16 Jan 2018 01:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2742 |
Actions (login required)
View Item |