Pengembangan e-Modul Berbasis Masalah Menggunakan Flip pdf untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Asam Basa di Kelas XI IPA SMA

Septiana, Elda (2021) Pengembangan e-Modul Berbasis Masalah Menggunakan Flip pdf untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Asam Basa di Kelas XI IPA SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (33kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (58kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (205kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Di era global saat ini Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berkembang dan menunjukkan kemajuan yang luar biasa. Hasil perkembangan TIK yang berkembang dalam dunia pendidikan salah satunya dalam bentuk bahan ajar multimedia. Salah satu bahan ajar dalam bentuk multimedia adalah modul elektronik. e-Modul dikembangakan karena dianggap lebih praktis dan efisien serta dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri oleh siswa. Untuk mengembangkan e-modul digunakan salah satu software berupa Flip PDF. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui prosedur pengembangan e-Modul berbasis masalah menggunakan Flip PDF untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi asam basa di SMA dan mengetahui kelayakan e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Hannafin and Peck. Produk yang dikembangkan di validasi oleh tim ahli materi dan ahli media. Data Kualitatif yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode analisis Miles & Hubarman dan data kuantitatif di analisis menjadi data interval dengan menggunakan skala Likert. Hasil yang diperoleh yaitu sebesar 88,7% dengan kategori sangat baik dan penilaian guru sebesar 85% juga dengan ketgori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa e-Modul berbasis masalah menggunakan flip PDF untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi asam basa yang dikembangkan baik untuk digunakan dalam pembelajaran dan mendapat respon yang baik dari siswa. In the current global era, Information and Communication Technology (ICT) is developing and showing extraordinary progress. One of the results of the development of ICT in the world of education is in the form of multimedia teaching materials. One of the teaching materials in the form of multimedia is an electronic module. e-Modules were developed because they are considered more practical and efficient and can be used as a source of independent learning by students. To develop the e-module, one of the software is used in the form of Flip PDF. The purpose of this study is to determine the procedure for developing a problem-based e-Module using Flip PDF to improve students' understanding of the concept of acid-base material in high school and to determine the feasibility of the e-module being developed. This research is a development research using the Hannafin and Peck development model. Products developed are validated by a team of material experts and media experts. The qualitative data obtained were analyzed using the Miles & Hubarman analysis method and the quantitative data were analyzed into interval data using a Likert scale. The results obtained are 88.7% in the very good category and the teacher's assessment of 85% also in the very good category. Based on the results of the research that has been obtained, it can be concluded that the problem-based e-Module uses flip PDF to improve students' understanding of the concept of acid-base material that was developed both for use in learning and received a good response from students.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Flip PDF, Asam Basa, Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Septiana
Date Deposited: 03 Nov 2021 06:45
Last Modified: 03 Nov 2021 06:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27439

Actions (login required)

View Item View Item