ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X SMA NEGERI 13 MUARO JAMBI

cahyani, eka intan ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X SMA NEGERI 13 MUARO JAMBI. ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X SMA NEGERI 13 MUARO JAMBI.

[img] Text
eka intan cahyani artikel.pdf

Download (621kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya kemampuan berpikir kritis yang dimiliki siswa kelas X SMA Negeri 13 Muaro Jambi selama proses pembelajaran kimia. Model pembelajaran Problem Solving merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa, maka dari itu perlu diadakan analisis keterlaksanaan model Problem Solving ditinjau dari aktivitas guru dan siswa. Selanjutnya akan dilihat pengaruh keterlaksanaan model Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model Problem Solving dan pengaruh keterlaksanaan model Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 13 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment. Subjek penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 13 Muaro Jambi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi. Untuk melihat pengaruh keterlaksanaan model Problem Solving dengan kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan dengan regresi linear dan uji signifikasi dengan uji t. Keterlaksanaan model Problem Solving oleh guru dan siswa dikategorikan baik, kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan tiap pertemuannya. Terdapat korelasi yang sedang antara pelaksanaan model Problem Solving dengan kemampuan berpikir kritis dilihat dari koefisien korelasi nilai r yaitu 0,574 dan setelah diuji kebermaknaannya dengan uji-t bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan model Problem Solving dengan kemampuan berpikir kritis siswa, dilihat dari thitung sebesar 4,073 dan dan ttabel =1,071 dan nilai r =0,574. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Problem Solving berjalan dengan baik yang didukung oleh data kuantitatif hasil penelitian serta terdapat korelasi antara keterlaksanaan model pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan berpkir kritis siswa pada materi ikatan kimia kelas X SMAN 13 Muaro Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: EKA INTAN CAHYANI
Date Deposited: 17 Jan 2018 05:23
Last Modified: 17 Jan 2018 05:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2744

Actions (login required)

View Item View Item