Wahyuni, Sri Pengaruh Penggunaan Model Treffinger Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Lingkaran SMP N 22 Kota Jambi. Pengaruh Penggunaan Model Treffinger Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Lingkaran SMP N 22 Kota Jambi.
![]() |
Text
RRA1C210080-ARTIKEL-ILMIAH.docx Download (58kB) |
Abstract
ABSTRAK Wahyuni. Sri. 2017. Pengaruh penggunaan model treffeingger terhadap kemampuan berfikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi lingkaran siswa SMP Negeri 22 Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Husni Sabil, M. Pd, (II) Yelli Ramalisa, S.Pd, M.Sc Kata Kunci: Kemampuan berfikir kritis, Model treffeingger. Penelitian ini dilatar belakangi guru tidak mengajarkan siswa untuk berpikir kritis dalam setiap proses pembelajaran. Pembelajaran konvensional yang dilakukan guru adalah metode ceramah, drill dengan berbagai soal-soal baik dari buku teks maupun LKS serta memberikan pekerjaan rumah yang banyak. Hal ini tidak hanya akan membuat siswa stress dengan banyaknya tugas, namun juga hanya melatih siswa untuk mengerjakan soal-soal biasa tanpa bisa menganalisa dan mengolah lebih dalam mengenai materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model treffeingger terhadap kemampuan berfikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi bangun ruang sisi lengkung siswa SMP Negeri 22 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan terhadap dua kelas sampel yang diberikan perlakuan berbeda. Uji hipotesis yang digunakan untuk melihat perbedaan antara kedua kelas sampel. Uji lanjut yang digunakan adalah uji-t, dimana untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh perlakuan terhadap kelas eksperimen atau tidak. Berdasarkan hasil post-test terhadap sampel, pengujian hipotesis dihitung dengan menggunakan uji-t untuk hipotesis didapat t hitung (8.030) lebih besar dari t table (1,6706) maka thitung > ttabel dapat disimpulkan bahwa penggunaan model treffeingger dapat meningkatkan secara signifikan kemampuan berfikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi lingkaran siswa SMP Negeri 22 Kota Jambi. Guru diharapkan menerapkan model treffeingger dalam proses pembelajaran matematika di sekolah. Karena model treffeingger dalam pembelajaran matematika dapat membuat siswa antusias dan menjadi lebih kritis dalam pembelajaran, sehingga hasil belajar yang diperoleh menjadi lebih baik.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | SRI WAHYUNI |
Date Deposited: | 17 Jan 2018 05:23 |
Last Modified: | 17 Jan 2018 05:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2748 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |