HUBUNGAN CARA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENJASKES DIMASA COVID 19 PADA SISWA SMPN SATU ATAP 8 TANJUNG JABUNG TIMUR

SAPUTRA, RIZKI (2021) HUBUNGAN CARA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENJASKES DIMASA COVID 19 PADA SISWA SMPN SATU ATAP 8 TANJUNG JABUNG TIMUR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img] Text
Cover.docx

Download (99kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.docx

Download (21kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB V Kesimpulan.docx

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (26kB)

Abstract

ABSTRAK Rizki Saputra. 2021 “Hubungan Cara Belajar Dengan Hasil Belajar Penjaskes Dimasa Covid 19 Pada Siswa SMPN Satu Atap 8 Tanjung Jabung Timur”. Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Palmizal A. S.Pd., M.Pd (II) Iwan Budi Setiawan, S.Pd., M.Pd Kata kunci: Cara Belajar, Hasil Belajar Penjaskes Berdasarkan observasi awal di SMPN Satap 8 Tanjung Jabung Timur diketahui bahwa siswa kelas VII hasil belajar mata pelajaran Penjaskes masih belum optimal. Rendahnya hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai ulangan harian penjaskes beda pada waktu belajar dengan tetap muka, dimana masa pandemic proses belajar mengajar dilakukan secara daring, selain itu siswa kelas VII baru saja mengikuti perubahan pembelajaran dari sekolah Dasar ke Sekolah menegah, di masa itu teman yang tadinya bisa akrap saat belajar kini harus berhadapan dengan daring, sehingga perlunya perubahan cara belajar yang di alami siswa, agar hasil belajar dapat lebih baik lagi. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hubungan cara belajar dengan hasil belajar penjaskes dimasa Covid 19 pada siswa SMPN SATAP 8 Tanjung Jabung Timur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional, yang hendak menyelidiki ada tidaknya hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. yang menjadi variabel bebas dalam penelitian ini adalah cara belajar (X) sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar (Y). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN SATAP 8 Tanjung Jabung Timur. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan keseluruhan populasi pada siswa kelas VII SMPN SATAP 8 Tanjung Jabung Timur yaitu 59 orang sebagai sampel. Berdasarkan hasil analisis data dilihat bahwa untuk data cara belajar dengan jumlah sampel 21 orang kemudian didapatkan jumlah nilai 3527 dengan rata-rata nilai 167,95, dan standar deviasi 14,08, nilai tertinggi yang didapatkan 196 dan terendah 145. Untuk data hasil belajar dengan jumlah sampel 21 orang kemudian didapatkan jumlah nilai 1680, dengan rata-rata nilai 80 dan standar deviasi 7,58, nilai tertinggi yang didapatkan 95 dan terendah 70. Untuk uji normalitas Lo < Ltabel, maka data dari kedua variabel memiliki distribusi data yang normal karena, untuk data cara belajar Lo (0,15444) < Ltabel (0,190), dan data hasil belajar (0,23416) < Ltabel (0,190). Dengan menggunakan rumus (n-2) 21–2 = 19 pada α = 0,05, maka dengan dk 19, untuk uji dua pihak t 0,95 = 1,3162 mudah dilihat bahwa t_(hitung=) 1,6726 > t_tabel 1,3162 maka terdapat hubungan cara belajar dengan hasil belajar penjaskes dimasa Covid 19 pada siswa SMPN SATU ATAP 8 Tanjung Jabung Timur. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan cara belajar dengan hasil belajar penjaskes dimasa Covid 19 pada siswa SMPN SATU ATAP 8 Tanjung Jabung Timur.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Olahraga dan Kesehatan
Depositing User: SAPUTRA
Date Deposited: 08 Nov 2021 03:08
Last Modified: 08 Nov 2021 03:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27490

Actions (login required)

View Item View Item