PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 MUARO JAMBI

ANDONI PUTRA, ZAMZAMI PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 MUARO JAMBI. PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 MUARO JAMBI. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (234kB)

Abstract

ABSTRAK Putra, Zamzami Andoni. 2017. Pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Kemandirian Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Muaro Jambi. Pembimbing (I) Dr. Drs. Suratno, M.Pd., (II) Siti Syuhada, S.Pd,.M.E. Kata Kunci : Kedisiplinan Belajar Kemandirian Belajar, dan Hasil Belajar Menurut guru mata pelajaran IPS Terpadu hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu masih perlu ditingkatkan karena masih terdapat beberapa siswa yang mendapatkan nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum, ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi hal tersebut seperti mereka tidak mempunyai persiapan, masih banyak siswa yang tidak mengumpulkan tugas pada mata pelajaran IPS Terpadu, siswa tidak memperhatikan guru ketika menerangkan pelajaran, tidak adanya perencanaan yang baik sebelum memulai kegiatan belajar, dan siswa kurang memahami akan pentingnya pelajaran IPS Terpadu dan masih beranggapan pelajaran IPS Terpadu adalah pelajaran yang membosankan. Untuk itu peneliti ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kedisiplinan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Muaro Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar, (2) pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar, (3) pengaruh kedisiplinan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan bersifat deskriptif dengan penelitian kuantitatif. Dengan sampel siswa kelas VII SMP N 11 Muaro Jambi yang berjumlah 50 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data penelitian berupa kuesioner yang berisikan 19 item untuk variabel kedisiplinan kemandirian belajar dan 19 item untuk variabel kedisiplinan belajar, Sedangkan untuk variabel hasil belajar dengan data hasil nilai ulangan harian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kemandirian belajar terhadap hasil belajar sebesar 0,616 dan berdasarkan uji signifikan, thitung > ttabel (5,417 > 1,674). Ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar sebesar 0,577 dengan uji signifikan thitung > ttabel (4,876 > 1,674). Selanjutnya ada pengaruh positif antara kemandirian belajar dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar berganda sebesar 0,970 dan berdasarkan uji signifikan, Fhitung > Ftabel ( 0,386 > 0,05).

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: ZAM ZAMI ANDONI P
Date Deposited: 17 Jan 2018 05:23
Last Modified: 17 Jan 2018 05:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2751

Actions (login required)

View Item View Item