PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN BUBUR KERTAS DI TK B RIZANI PUTRA MENDALO INDAH

AFRIYANTI, DESI PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN BUBUR KERTAS DI TK B RIZANI PUTRA MENDALO INDAH. PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN BUBUR KERTAS DI TK B RIZANI PUTRA MENDALO INDAH. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL DESI.pdf

Download (516kB)

Abstract

ABSTRAK Desi Afriyanti, 2017 : “Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Bermain Bubur Kertas Di TK B Rizani Putra”. Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing : ( I ) Drs. Tumewa Pangaribuan, M. Pd ( II ) Fadzlul, S. Psi. M. Psi. Psi Kata Kunci : Perkembangan Motorik Halus, Bubur Kertas Perkembangan motorik halus merupakan faktor yang sangat penting bagi perkembangan anak usia dini, karena melalui motorik halus ini lah anak belajar untuk mengkoordinasi mata dan tangan, sehingga anak dapat melakukan sebuah gerakan, memegang benda-benda kecil, menempel gambar dengan tepat, menggunakan alat tulis dengan benar, dapat menciptakan karya seni. Sedangkan Bubur kertas adalah hasil pelarutan kertas dalam air sehingga bentuk kertas yang berupa lembaran tidak tampak lagi karena telah bercampur dengan air. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Perkembangan motorik halus anak melalui bermain bubur kertas pada kelompok B di TK Rizani Putra. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah TK Rizani Putra dengan jumlah 20 anak. Siklus PTK terdiri dari empat langkah yaitu yaitu: 1) perencanaan (planning), 2) tindakan (acting), 3) pengamatan (observing), 4) refleksi (reflecting). Pengumpulan data melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil pada Pratindakan Perkembangan motorik halus anak melalui Bermain Bubur Kertas di TK Rizani Putra kelihatan anak masih belum berkembang dengan nilai 16.81 %. Perkembangan Motorik halus anak Kelompok B TK Rizani Putra memiliki peningkatan setiap siklusnya. Dari Pratindakan 16,73%, Siklus I Pertemuan Terakhir: 42,56%, Siklus II Pertemuan terakhir 57% dan akhirnya Siklus III 93,60 %. Perkembangan motorik halus anak di TK Rizani Putra dapat ditingkatkan melalui permainan Bubur kertas. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan dalam setiap siklus yaitu pada Siklus I pertemuan 1,2,3 mulai terjadi peningkatan Mulai Berkembang (MB). Pada siklus II pertemuan 1,2,3 terjadi peningkatan, Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan Siklus III pertemuan 1, 2, dan 3 terbukti dengan mengunakan permainan Bubur Kertas dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak melalui permainan Bubur kertas di TK Rizani Putra berkembang sangat baik (BSB) dan mencapai ketuntasan.memenuhi kriteria keberhasilan yaitu diatas 90 %.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: DESI AFRIYANTI
Date Deposited: 17 Jan 2018 04:30
Last Modified: 17 Jan 2018 04:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2753

Actions (login required)

View Item View Item