Hadiyanto, Hadiyanto and Mukhlash, Abrar (2015) Optimalisasi Media Pembelajaran E-Learning Edmodo pada Aktifitas Pengajaran dan Pembelajaran Mata Kuliah Research Proposal and Seminar. LPPM Universitas Jambi. (Unpublished)
Text
Articel.docx Download (71kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalisasikan pengajaran dan pembelajaran mata kuliah Reserach Proposal and Seminar dengan menggunakan model E-learning Edmodo. Edmodo mudah dan aman bagi sebuah kelas untuk terhubung dan berkolaborasi, berbagi content, Video, Gambar, dan akses pengerjaan tugas kuliah, memberikan penilaian dan pemberitahuan. Penelitian tindakan (Action Research) dijalankan pada mata kuliah research proposal and seminar. Tahap penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini meliputi; perencanaan, tindakan, penegamatan dan refleksi. Penelitian telah dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Instrumen penelitian menggunakan Diari dosen, Catatan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan Edmodo dalam pengajaran mata kuliah Research Proposal and Seminar telah berhasil dilaksanakan. Dosen dapat menggunakan dan melakukan pebaikan proccess, dan meningkatkan aktifitas dan kretaifitas dalam Pengajaran mata kuliah Research Proposal and Seminar. Dari sisi Mahasiswa, mereka dapat mengikuti perkuliahan dengan E-learning Edomodo. Aktifitas dan kreatifitas dalam pembelajaran matakuliah ini menjadi lebih meningkat dan menarik. Mahasiswa lebih termotivasi dan menyukai perkulihan dengan menggunakan Edmodo. Singkatnya mahasiswa bersikap amat positif terhadap penggunaan Edmodo untuk memaksimumkan aktifitas belajar mereka. Penggunakan E-learning dalam memaksimumkan dan meningkatkan aktifitas, kreatifitas dan kualitas proses pengajaran dan pembelajaran.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | ?? sch_edu ?? |
Depositing User: | Hadiyanto |
Date Deposited: | 15 Feb 2017 15:20 |
Last Modified: | 15 Feb 2017 15:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/276 |
Actions (login required)
View Item |