Wardana, Reza Putra ANALISIS KARAKTERISTIK LINGKUNGAN BELAJAR SISWA FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT PADA PEMBELAJARAN LUAR KELAS BERBASIS MODELLING MATHEMATIC DI KELAS VIII SMP. Analisis Lingkungan Belajar. (Unpublished)
![]() |
Text
Artikel Ilmiah.pdf Download (480kB) |
Abstract
Wardana, Reza Putra. 2017. Analisis Karakteristik Lingkungan Belajar Siswa Field Dependent dan Field Independent pada Pembelajaran Luar Kelas Berbasis Modelling Mathematic di Kelas VIII SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Kamid, M.Si (II) Dra. Sofnidar, M.Si. Kata Kunci : Lingkungan Belajar, Siswa Field Dependent dan Field Independent, Pembelajaran Luar Kelas, Modelling Mathematic Lingkungan belajar yaitu suatu tempat yang memengaruhi proses perubahan tingkah laku manusia. Siswa akan memahami konsep jika mereka memanipulasi benda konkret di lingkungannya. Pembelajaran luar kelas merupakan pembelajaran yang memanfaatkan alam sebagai sumber belajar. Pembelajaran luar kelas dapat digabungkan dengan pendekatan modelling mathematic. Pemodelan matematika adalah proses mengubah atau mewakili masalah dalam dunia nyata ke dalam bentuk matematika dalam upaya untuk menemukan solusi dari suatu masalah. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik lingkungan belajar siswa field dependent (FD) dan field independent (FI) serta menganalisis dan mendeskripsikan perbedaan karakteristik lingkungan belajar siswa FD dan FI pada pembelajaran luar kelas berbasis modelling mathematic di kelas VIII SMP. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMP N 7 Muaro Jambi. Subjek penelitian adalah 3 siswa FD dan 3 siswa FI. Instrumen penelitian terdiri dari lembar tes gaya kognitif, angket karakteristik lingkungan belajar, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik lingkungan belajar siswa FD dan FI pada pembelajaran luar kelas berbasis modelling mathematic terdapat kesamaan yakni siswa nyaman lingkungan belajar yang luas, lingkungan belajar yang aman, lingkungan belajar yang membuat siswa bebas belajar, lingkungan belajar yang membuat siswa merasakan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Namun, terdapat perbedaan karakteristik lingkungan belajar siswa FD dan FI yaitu pada karakteristik aksesibilitas dan keanekaragaman. Karena adanya perbedaan, diharapkan peran guru untuk mencermati dengan baik karakteristik lingkungan belajar siswa FD dan FI dengan cara memberikan tugas terpisah kepada masing-masing siswa FD dan FI. Siswa FD diminta untuk mengamati objek belajar yang berada jauh dari kelas, sedangkan siswa FI diminta mengamati objek belajar yang tersedia di sekolah yang dekat dengan ruang kelas.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Reza Putra Wardana |
Date Deposited: | 18 Jan 2018 03:51 |
Last Modified: | 18 Jan 2018 03:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2760 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |