PENGEMBANGAN e-LKS BERBASIS METAKOGNISI MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DAN STOIKIOMETRI DI KELAS X MIPA SMA N 1 MUARO JAMBI

novaldi, wahyu PENGEMBANGAN e-LKS BERBASIS METAKOGNISI MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DAN STOIKIOMETRI DI KELAS X MIPA SMA N 1 MUARO JAMBI. jurnal pendidikan kimia.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH-WAHYU NOVALDI R (A1C113003).pdf

Download (1MB)

Abstract

Metakognisi merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dapat menuntun siswa menemukan konsep-konsep dari pembelajaran kimia dan sangat dituntut dalam kurikulum 2013. Salah satu solusi yang tepat untuk melatih keterampilan metakognisi tersebut yaitu penggunaan bahan ajar seperti e-LKS berbasis metakognisi, karena memberikan beberapa manfaat diantaranya proses pembelajaran menjadi lebih menarik, melatih keterampilan metakognisi siswa, membantu siswa menemukan konsep-konsep kimia yang abstrak, dan kualitas belajar dapat lebih ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKS berbasis metakognisi menggunakan 3D PageFlip pada materi hukum-hukum dasar kimia dan stoikiometri dan mengetahui respon siswa kelas X MIPA SMAN 1 Muaro Jambi terhadap produk e-LKS yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pedoman wawancara, angket kebutuhan, angket validasi tim ahli, angket penilaian guru, dan angket respon siswa. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai oleh guru selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (rerata skor jawaban dan persentase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian produk e-LKS menurut ahli media, ahli materi dan penilaian guru masing-masing diperoleh rerata skor jawaban sebesar 4,47 (sangat baik); 4,6 (sangat baik); dan 4,67 (sangat baik). Selanjutnya persentase skor respon siswa diperoleh sebesar 88,80% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk e-LKS ini sangat baik digunakan sebagai bahan ajar ataupun media pembelajaran kimia pada materi hukum-hukum dasar kimia dan stoikiometri.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Wahyu Novaldi R
Date Deposited: 18 Jan 2018 08:00
Last Modified: 18 Jan 2018 08:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2762

Actions (login required)

View Item View Item