KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS MATA PELAJARAN IPS) PADA SISWA KELAS VIII SMP N 7 MUARO JAMBI

Simanjuntak, Kresensia Br (2021) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS MATA PELAJARAN IPS) PADA SISWA KELAS VIII SMP N 7 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Kresensia Br Simanjuntak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (125kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (45kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli sampai dengan September 2021. Data penelitian diperoleh dengan mewawancarai siswa (sebagai data utama) dan guru bidang studi IPS (sebagai data penunjang). Setelah proses wawancara selesai, data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa maupun guru dapat memahami dan menguasai media pembelajaran yang menunjang proses pembelajaran daring secara baik, namun demikian siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran pada saat pembelajaran dilakukan menggunakan media zoom, hal tersebut dikarenakan sinyal internet yang buruk baik pada siswa maupun pada guru. Namun walaupun demikian, hal tersebut tidak mempengaruhi hasil belajar siswa, dari hasil penelitian peneliti menemukan data rapor mata pelajaran IPS dan terbukti bahwa siswa mampu mencapai standar tuntas KKM yakni 75 dan bahkan ada beberapa siswa yang melebihi nilai tersebut. Selain itu dengan adanya pembelajaran daring ini siswa memiliki kemandirian belajar walaupun hal tersebut tidak terlalu signifikan dikarenakan terkadang siswa masih menunda pengerjaan tugas. Namun antusias siswa untuk memulai pembelajaran masih ada terbukti dari siswa yang selalu mempersiapkan diri sebelum pembelajaran daring dimulai, mulai dari mempersiapkan alat tulis maupun mempelajari materi yang akan dan sudah diajarkan oleh guru. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru perlu meminimalisir pemberian tugas serta lebih mengembangkan metode pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih paham akan materi yang dijelaskan, kemudian untuk siswa sebaiknya langsung mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru agar tugas tidak bertumpuk dan agar siswa tidak lupa dan tidak perlu terburu-buru dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, pembelajaran daring, hasil belajar, kemandirian belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: SIMANJUNTAK
Date Deposited: 23 Nov 2021 03:47
Last Modified: 23 Nov 2021 03:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27676

Actions (login required)

View Item View Item