Sari Prasetia, Egy (2021) PENGARUH MEDIA GOOGLE CLASSROOM DAN GOOGLE MEET TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 DI SMAN 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Sejarah.
![]() |
Text
skripsi full teks egy-dikonversi.pdf Restricted to Repository staff only Download (703kB) |
![]() |
Text
cover egy-dikonversi.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
abstrak egy-dikonversi.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
bab 1 egy-dikonversi.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
bab 5 egy-dikonversi.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka egy-dikonversi.pdf Download (42kB) |
Abstract
Sari, Egy Prasetia. 2021. Pengaruh Media Google Classroom Dan Google Meet Terhadap Minat Belajar Sejarah Siwa Kelas XI IPS Di SMAN 2 Kota Jambi: Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd., (II) Isrina Siregar, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci :Google Classroom, Google Meet, Minat Belajar. Pemilihan aplikasi dengan tepat akan mempengaruhi minat belajar siswa, yang biasanya dilakukan dengan memberikan tugas secara personal kepada siswa cenderung akan mengurangi minat belajar siswa.Minat belajar siswa di sekolah rendah di sebabkan oleh siswa yang kurang menguasai materi pembelajaran, dalam pembelajaran yang harus diperhatikan adalah penguasaan materi pembelajaran. Jika tanpa penguasaan materi pembelajaran tidak akan tercapai pembelajaran yang optimal dan hasil yang memuaskan. Berdasarkan hasil observasi pada Januari 2021, selama pembelajaran daring sekolah memilih untuk menggunakan media google classroom dan google meet. Namun fenomena yang terjadi adalah nilai belajar yang diperoleh siswa saat ini kurang memuaskan karena pergantian metode pembelajaran saat ini berbeda dengan metode pembelajaran sebelumnya. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh google classroom terhadap minat belajar, bagaimana pengaruh google meet terhadap minat belajar, dan bagaimana perbedaan google classroom dan goolge meet pada minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 di SMAN2 Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh google classroom dan google meet terhadap minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 di SMAN 2 Kota Jambi,Metode penelitian yang digunakan bersifat eksperimen dan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan angket atau kuesioner untuk memperoleh data dari responden.Variabel dalam penelitian ini ada tiga yaitu minat belajar sebagai variabel terikat dan variabel google classroom dan google meet sebagai variabel bebas. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media google classroom terhadap minat belajar siswa karena berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai probabilitas signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh media google meet terhadap minat belajar siswa berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai probabilitas signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian terdapat pengaruh google classroom dan google meet terhadap minat belajar siswa karena berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai probabilitas signifikansinya 0,000 < 0,05. Hal ini berarti semakin tinggi media google classroom maka akan mengakibatkan minat belajar semakin tinggi pula.,semakin tinggi media google meet maka akan mengakibatkan minat belajar semakin tinggi pula dan semakin tinggi google classroom dan google meet maka akan mengakibatkan minat belajarsemakin meningkat. Besarnya pengaruh google classroom dan google meet terhadap minat belajar siswa adalah sebesar 57,8%.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | SARI |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 07:19 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 07:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27771 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |