Pengaruh Konsentrasi Rootone-f dan Ekstrak Bawang Merah (Allium cepa L.) terhadap Pertumbuhan Stek Duku Kumpeh (Lansium domesticum Corr. var. Kumpeh)

-, Miranti (2021) Pengaruh Konsentrasi Rootone-f dan Ekstrak Bawang Merah (Allium cepa L.) terhadap Pertumbuhan Stek Duku Kumpeh (Lansium domesticum Corr. var. Kumpeh). S1 thesis, Biologi.

[img] Text
Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (250kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (71kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (242kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (359kB)

Abstract

Duku Kumpeh (Lansium domesticum Corr. var. Kumpeh) adalah salah satu varietas unggul duku di Provinsi Jambi. Duku Kumpeh memiliki rasa yang manis, daging buah tebal, dan biji berukuran kecil. Permasalahan yang terjadi pada Duku Kumpeh ialah penurunan produksi buah yang disebabkan oleh adanya serangan penyakit, usia tanaman yang sudah tua, dan kurangnya pengembangan teknik budidaya. Dalam mengatasi permasalahan ini, maka diperlukan teknik pembudidayaan yang lebih cepat dan efektif, yaitu teknik stek yang didukung dengan pemberian zat pengatur tumbuh (ZPT). Rootone-f dan bawang merah (Allium cepa L.) merupakan salah satu ZPT yang berperan dalam merangsang pertumbuhan akar stek dan pertumbuhan tunas. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh dari pemberian rootone-f dan ekstrak bawang merah terhadap pertumbuhan stek Duku Kumpeh dan untuk mengetahui konsentrasi pemberian rootone-f dan ekstrak bawang merah yang paling optimal terhadap pertumbuhan stek Duku Kumpeh. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juni 2021 di green house. Metode yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) menggunakan 5 taraf konsentrasi dan dilakukan pengulangan sebanyak 5 kali. Perlakuan stek dengan pemberian rootone-f menggunakan taraf konsentrasi 0%, 0,05%, 0,1%, 0,15%, dan 0,2% dan perlakuan stek dengan pemberian bawang merah menggunakan taraf konsentrasi 0%, 25%, 50%, 75%, dan 100%. Berdasarkan hasil analisis sidik ragam, pertumbuhan stek Duku Kumpeh dengan pemberian rootone-f menunjukkan pengaruh yang nyata terhadap panjang akar, namun tidak menunjukkan pengaruh terhadap jumlah akar, berat basah akar, berat kering akar, dan jumlah daun. Pemberian ekstrak bawang merah menunjukkan pengaruh terhadap variabel jumlah akar, dan berpengaruh nyata terhadap panjang akar, berat basah akar dan berat kering akar, namun tidak menunjukkan pengaruh terhadap jumlah daun. Konsentrasi rootone-f dan ekstrak bawang merah yang paling optimal ialah 0,1% dan 100%.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Depositing User: MIRANTI
Date Deposited: 24 Nov 2021 02:53
Last Modified: 24 Nov 2021 02:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27842

Actions (login required)

View Item View Item