Struktur Komunitas Organisme Aquatik di Perairan Mangrove Kelurahan Tanjung Solok Kecamatan Kuala Jambi Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Angelina, Poppy (2021) Struktur Komunitas Organisme Aquatik di Perairan Mangrove Kelurahan Tanjung Solok Kecamatan Kuala Jambi Kabupaten Tanjung Jabung Timur. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Full Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Lembah Pengesahan.pdf

Download (278kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Biodiversitas adalah keanekaragaman organisme yang menempati suatu wilayah, dan juga dapat dikatakan sebagai indikator yang dapat mengetahui kondisi lingkungan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui biodiversitas moluska yang hidup di perairan mangrove Kelurahan Tanjung Solok. Penelitian ini dilaksanakan di perairan mangrove Kelurahan Tanjung Solok Kecamatan Kuala Jambi Kabupaten Tanjung Jabung Timur pada 24 Juni – 24 Juli 2021. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey. Pengambilan sampel menggunakan metode purpossive sampling. Sampel yang diambil merupakan moluska yang masuk ke dalam transek. Dalam penelitian ini ditemukan moluska dari 2 kelas yaitu gastropoda dan bivalvia, dengan 5 spesies yaitu: Engina mendicaria, Nerita violacea, Nerita articulata, Littorina undulata yang berasal dari kelas gastropoda; dan Polymesoda bengalensis yang berasal dari kelas bivalvia. Perairan mangrove Kelurahan Tanjung Solok didominansi oleh mangrove jenis api – api dan mangrove jenis pedada. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat keanekaragaman moluska pada mangrove jenis pedada tergolong dalam kategori sedang, sedangkan pada mangrove jenis api – api tergolong rendah. Tingkat kemerataan moluska tergolong sangat tidak merata pada semua spesies dan tingkat dominansinya rendah, maka tidak ada spesies moluska yang mendominansi pada perairan mangrove jenis api – api maupun mangrove jenis pedada.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: biodiversitas, moluska, mangrove
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Peternakan > Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan
Depositing User: Angelina
Date Deposited: 24 Nov 2021 06:33
Last Modified: 24 Nov 2021 06:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27860

Actions (login required)

View Item View Item