Tampubolon, Andreas Tongam Pengaruh Penerapan Model Logan Avenue Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik pada Materi Teorema Pythagoras di SMP Negeri 11 Kota Jambi. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA. (Unpublished)
![]() |
Text
artikelwisuda_4dcc8621e0ef49333a9b3da9cee3be181516205398.pdf Download (775kB) |
![]() |
Text
artikelwisuda_4dcc8621e0ef49333a9b3da9cee3be181516205398.pdf Download (775kB) |
Abstract
Pemecahan masalah matematik merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika. Namun, pembelajaran matematika yang dilakukan saat ini tidak mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang tepat yaitu model LAPS-Heuristik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh penerapan model LAPS-Heuristik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik pada materi teorema Pythagoras di SMP Negeri 11 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control grup design dengan tiga kelas sampel yang masing-masing diberi pretest dan posttest. Kedua kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan model LAPS-Heuristik guna melihat pengaruhnya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Metode pengumpulan data menggunakan soal tes dan lembar observasi. Analisis data untuk mengetahui perbedaan rata-rata digunakan uji t dua pihak dan deskripsi pengaruh penerapan model tersebut dilihat dari lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai post test kedua kelas eksperimen masing-masing adalah 77,63 dan 77,84 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 70,20. Hasil uji thitung dibandingkan ttable untuk kelas eksperimen 1 dan kontrol didapatkan thitung > ttabel yaitu sehingga H1 diterima dan untuk kelas eksperimen 2 dan kontrol didapatkan sehingga H1 diterima, sementara untuk kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 didapatkan thitung < ttabel yaitu 0,05 sehingga H1 ditolak. Berarti terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model LAPS-Heuristik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik pada materi teorema Pythagoras. Lembar observasi menunjukkan aktivitas belajar siswa menjadi sangat baik. Perhitungan keterlaksanaan aktifitas guru pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata 91% dan kelas kontrol diperoleh 94%. Perhitungan keterlaksanaan aktivitas siswa pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata 93% dan kelas kontrol diperoleh 92%. Efektifitas penerapan model LAPS-Heuristik diketahui melalui hasil analisis N-Gain, diperoleh rata-rata kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 0,66 dan 0,65 banding 0,53 dan ketiganya dalam kategori sedang.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ANDREAS TONGAM TAMPUBOLON |
Date Deposited: | 19 Jan 2018 09:32 |
Last Modified: | 19 Jan 2018 09:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2788 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |