RESTIANI, HAYU PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 KOTA JAMBI. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA. (Unpublished)
![]() |
Text
ARTIKEL REVISI A4.pdf Download (521kB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa dapat disebakan oleh beberapa faktor, yaitu kurang tepatnya model pembelajaran yang digunakan oleh guru sehingga menyebabkan kurang aktifnya siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Salah satu upaya yang dilakukan untuk memperbaiki keadaan tersebut adalah dengan mengubah proses pembelajaran yang lebih menekankan pada proses berpikir siswa antara lain model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Jambi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design dengan dua kelas sampel. Kelas eksperimen diajarkan dengan model TPS guna melihat pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data menggunakan soal tes dan lembar observasi. Analisi data untuk mengetahui perbedaan rata-rata digunakan uji t dengan kriteria pengujian dua pihak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest untuk kelompok eksperimen sebesar 74,9 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 67,77. Hasil uji kesamaan dua rata-rata menggunakan uji t antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 2,3839 dan ttabel = 1,9973, dengan kriteria pengujian terima jika -ttabel < thitung < ttabel, karena nilai thitung adalah 2,38 dan ttabel adalah 1,99 berarti 2,38 > 1,99 artinya hipotesis ditolak dan hipotesis diterima, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Kota Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Depositing User: | HAYU RESTIANI |
Date Deposited: | 19 Jan 2018 09:33 |
Last Modified: | 19 Jan 2018 09:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2790 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |