PENGEMBANGAN BUKU FLIP CHART BERBASIS LIFT THE FLAP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI KLASIFIKASI MAMALIA UNTUK SISWA SMA KELAS X

Ambari, Mira Jenita PENGEMBANGAN BUKU FLIP CHART BERBASIS LIFT THE FLAP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI KLASIFIKASI MAMALIA UNTUK SISWA SMA KELAS X. Pengembangan Buku Flip Chart berbasis Lift the Flap.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH MIRA JENITA.pdf

Download (215kB)

Abstract

Salah satu keberhasilan guru dalam proses pembelajaran tergantung kompetensi guru dalam mengajar. Guru dapat menyampaikan pelajaran dengan baik melalui bantuan media pembelajaran. Media yang biasanya digunakan berupa charta dan buku LKS. Beberapa media lain bisa digunakan seperti flip chart. Buku flip chart berbasis lift the flap merupakan inovasi media cetak yang berbentuk seperti kalender dan buka tutup yang dapat melatih motorik siswa. Media ini menampilkan gambar dan materi klasifikasi mamalia. Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk, mengetahui kelayakan produk dan mengetahui respon guru dan siswa terhadap buku flip chart berbasis lift the flap. Materi yang disajikan berupa ordo dalam kelas mamalia. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk ini divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Subjek penelitiannya guru biologi dan siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 4 Kota Jambi. Tangapan dari 3 orang guru dan ujicoba dilakukan pada kelompok kecil 6 siswa dan kelompok besar berjumlah 15 siswa.Validasi media dilakukan sebanyak tiga kali pengulangan dengan skor akhir 3,76 (sangat layak). Validasi materi juga dilakukan sebanyak tiga kali, dengan banyak saran perbaikan yang harus direvisi. Hasil validasi akhir memperoleh dengan skor sebesar 3,8 (sangat layak) maka media layak diujicobakan. Hasil tanggapan guru berjumlah 94,17 (baik) dan ujicoba kelompok kecil diperoleh nilai 90,83 (baik). Sedangkan ujicoba kelompok besar diperoleh nilai 85,5 (baik). Kesimpulannya media buku flip chart berbasis lift the flap mendapat respon positif dari guru dan siswa, sehingga baik digunakan dalam pembelajaran. Untuk saran, dapat memperbaiki kelemahan yang ada pada buku ini seperti membuat buku ini sedikit lebih ringan dan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran mandiri bagi siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MIRA JENITA AMBARI
Date Deposited: 22 Jan 2018 07:33
Last Modified: 22 Jan 2018 07:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2793

Actions (login required)

View Item View Item