ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL-FALAH JAMBI

Kartika Dewi, Indri and Iriani, Dewi and Anwar, Khairul (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL-FALAH JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (89kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (212kB)

Abstract

Dewi, Indri Kartika. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Siswa di tinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Islam Al-Falah Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Dewi Iriani, M.Pd (II) Khairul Anwar, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis Matematika merupakan salah satu pembelajaran yang tercantum dalam kurikulum. Pada kurikulum 2013, pembelajaran matematika diharapkan lebih melihat kepada proses pembelajaran dari pada hasil atau nilai tes akhir yang diperoleh siswa. Berdasarkan kurikulum tersebut, dapat disimpulkan bahwa penalaran merupakan salah satu kemampuan dasar matematika yang harus dikuasai oleh siswa sekolah menengah. Banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika khususnya melatih cara berpikir dan bernalar. Sementara dalam belajar matematika siswa dituntut untuk menggunakan kemampuan penalaran secara optimal agar menghasilkan prestasi belajar yang optimal pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengklasifikasikan kesulitan belajar siswa pada pembelajaran matematika ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Islam Al-Falah Jambi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 6 orang siswa yang diambil dari kelas VIII.3, yaitu 2 siswa yang memiliki tingkat kemampuan penalaran matematis berkategori baik, 2 siswa yang memiliki tingkat kemampuan penalaran matematis berkategori cukup, 2 siswa yang memiliki tingkat kemampuan penalaran matematis berkategori kurang. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa yang memiliki tingkat kemampuan penalaran matematis berkategori kurang, mampu memenuhi indikator kesulitan belajar yaitu ketidakmampuan siswa dalam penguasaan konsep yang benar, ketidakmampuan mengartikan bahasa matematika dan ketidakcermatan dalam melakukan operasi hitung. Siswa yang memiliki tingkat kemampuan penalaran matematis berkategori cukup mampu memenuhi indikator ketidakmampuan siswa dalam penguasaan konsep yang benar. Siswa yang memiliki tingkat kemampuan penalaran matematis berkategori baik tidak dapat memenuhi seluruh indikator kesulitan belajar artinya siswa yang memiliki tingkat kemampuan penalaran matematis berkategori baik tidak mengalami kesulitan belajar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: dewi
Date Deposited: 29 Nov 2021 02:59
Last Modified: 29 Nov 2021 02:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27944

Actions (login required)

View Item View Item