jumiana, mirda PENGEMBANGAN e-MODUL MENGGUNAKAN PROGRAM 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL PADA MATERI HIDROKARBON. Pengembang e-Modul Menggunakan Program 3D Pageflip Professional Pada Materi Hidrokarbon.
Text
ARTIKEL.pdf Download (467kB) |
Abstract
ABSTRAK Jumiana, Mirda. 2017. Pengembangan e-Modul Menggunakan Progeram 3D Pageflip Professional Pada Materi Hidrokarbon. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Epinur M.Si (II) Dra Yusnidar M. Pd. Kata kunci : e-Modul, 3D Pageflip Professional, Hidrokarbon. Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran sangat membantu dunia pendidikan. Ada beberapa hasil dari pengembangan teknologi saat ini yang dimanfaatkan dalam pembelajaran salah satunya bahan ajar dalam bentuk multimedia. Bahan ajar yang dimaksud adalah modul pembelajaran dalam bentuk elektronik. Pengembangan e-modul ini dipilih dengan alasan dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri, praktis, serta efisien. Salah satu program yang digunakan untuk merancang dan mengemabangkan modul pembelajaran dalam bentuk elektonik adalah 3D pageflip professional. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui cara mengembangkan e-modul menggunakan program 3D pageflip professional pada materi hidrokarbon dan mengetahui respon siswa kelaas XII MIPA 4 SMA Negeri 1 Kota Jambi terhadap e-modul pembelajaran yang dikembagkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli materi dan media selanjutnya dimintai respon guru dan diujicobakan pada kelompok kecil siswa kelas XII IPA di SMA N 1 Kota Jambi. Data kualitatif yang diperoleh dianalisis dengan teknik menghitung persentase dan data kuantitatif dihitung menggunakan rumus persentase. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah produk e-modul dengan menggunakan program 3D pageflip professional pada materi hidrokarbon dan diperoleh penilaian ahli materi, ahli media dan penilaian guru terhadap e-modul pembelajaran berturut-turut reratanya adalah 70 “sangat baik”, 69 “sangat baik” dan 67 “sangat baik” dan hasil respon siswa didapat persentase 86% “sangat baik” dan menyatakan bahwa siswa memberikan respon yang sangat baik terhadap e-modul yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa e-modul dengan menggunakan program 3D pageflip professional pada materi hidrokarbon layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MIRDA JUMIANA |
Date Deposited: | 22 Jan 2018 07:34 |
Last Modified: | 22 Jan 2018 07:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2801 |
Actions (login required)
View Item |