HUBUNGAN KECAKAPAN DALAM KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA DINI DI TK KECAMATAN SUNGAI GELAM

AMELIA, PUTRI HUBUNGAN KECAKAPAN DALAM KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA DINI DI TK KECAMATAN SUNGAI GELAM. JURNAL HUBUNGAN KECAKAPAN DALAM KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA DINI DI TK KECAMATAN SUNGAI GELAM.

[img] Text
ARTIKEL PUTRI AMELIA_A1F113032.pdf

Download (575kB)

Abstract

Hubungan Kecakapan dalam Kecerdasan Interpersonal dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini di Seluruh TK Kec. Sungai Gelam HUBUNGAN KECAKAPAN DALAM KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA DINI DI TK KECAMATAN SUNGAI GELAM Putri Amelia Program Studi PG-PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi ABSTRAK Putri Amelia. 2017. “Hubungan kecakapan dalam Kecerdasan Interpersonal dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini di Tk Kecamatan Sungai Gelam”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidiikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si, Pembimbing 2 Dr. K.A Rahman, M.Pd.I Permasalahan yang dialami oleh beberapa murid di TK, terdapat anak yang masih kurang berani berinteraksi dengan temannya yang lain. Sehingga anak-anak tersebut berani berinteraksi hanya dengan teman dekatnya dalam mengungkapkan sesuatu. Karena, guru kurang memberikan motivasi untuk bisa berinteraksi. Dengan cara berinteraksi anak-anak tersebut bisa mengungkapkan ide-idenya lewat teman, guru, dan orang tuanya dan juga anak akan merasa mempunyai harga diri sehingga mereka menjadi percaya diri di lungkungan sekolah maupun di lingkungan sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan kecakapan dalam kecerdasan interpersonal dengan kepercayaan diri anak usia dini di TK Kec. Sungai Gelam Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional, untuk mengetahui ada tidaknya hubungan variabel yang satu dengan variabel yang lain, berdasarkan koefisien korelasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 6 TK yaitu 100 anak dari 401 anak yang di ambil 25%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai L hitung uji normalitas Lo < Ltabel, untuk data angket kecerdasan interpersonal Lo (0.0,0796) < Ltabel (0,0886), sedangkan data kepercayaan diri didapat Lo (0,0732) < Ltabel (0,0886). Dengan menggunakan rumus (n-2) 100-2 = 98 pada α = 0,05, maka dengan dk 98, untuk uji dua pihak t 0,95 = 1,7081 mudah dilihat bahwa t_(hitung=) 4,6129 > t_tabel 1,6606 maka terdapat hubungan kecakapan dalam kecerdasan interpersonal dengan kepercayaan diri anak usia dini di TK Kecamatan Sungai Gelam. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan kecakapan dalam kecerdasan interpersonal dengan kepercayaan diri anak usia dini di TK Kecamatan Sungai Gelam. Kata Kunci: Kecerdasan Interpersonal, Kepercayaan Diri

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PUTRI AMELIA
Date Deposited: 22 Jan 2018 07:31
Last Modified: 22 Jan 2018 07:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2805

Actions (login required)

View Item View Item