IDENTIFIKASI KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN DI TK ISLAM TERPADU AL-MUTHMAINNAH KOTA JAMBI

Herdiyanti, Windy (2021) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN DI TK ISLAM TERPADU AL-MUTHMAINNAH KOTA JAMBI. S1 thesis, PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (66kB)
[img] Text
Halaman persetujuan, halaman pengesahan.pdf

Download (78kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)

Abstract

ABSTRAK Herdiyanti, Windy. 2021. Identifikasi Kemampuan Guru dalam Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 dengan Penerapan Video Pembelajaran di TK Islam Terpadu Al-Muthmainnah Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Drs. Hendra Sofyan, M.Si (II) Drs. Irzal Anderson, M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Guru, Pembelajaran Daring, Penerapan Video Pembelajaran. Guru tidak sekedar mampu melaksanakan proses pembelajaran, melainkan juga mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi termasuk dalam menentukan media yang digunakan dalam proses pembelajaran, sehingga materi pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 dengan penerapan vidio pembelajaran pada anak usia dini di TK Islam Terpadu Al-Mutmainnah Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu guru di TK Islam Terpadu Al-Mutmainnah Kota Jambi sebanyak 10 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dengan metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan rumus rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 dengan penerapan video pembelajaran di TK Islam Terpadu Al-Muthmainnah Kota Jambi memiliki persentase sebesar 63,86% dan berada pada kategori baik. Selanjutnya kemampuan pedagogik sebesar 47,6% dan kemampuan kepribadian sebesar 48,2%. Artinya kemampuan pedagogik dan kepribadian guru dalam pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 dengan penerapan video pembelajaran di TK Islam Terpadu Al-Muthmainnah Kota Jambi berada pada kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara keseluruhan kemampuan guru dalam pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 dengan penerapan video pembelajaran pada anak usia dini di TK Islam Terpadu Al-Mutmainnah Kota Jambi berada pada kategori baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: HERDIYANTI
Date Deposited: 02 Dec 2021 06:59
Last Modified: 02 Dec 2021 06:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/28059

Actions (login required)

View Item View Item