ARNAS, RADIAN PENERAPAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA DI SD NEGERI 99/1 BENTENG RENDAH KECAMATAN MERSAM. JURNAL PENERAPAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA DI SD NEGERI 99/1 BENTENG RENDAH KECAMATAN MERSAM.
Text
A1D113081-ARTIKEL.pdf Download (143kB) |
Abstract
ABSTRAK Arnas, Radian. 2017. “Penerapan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Memberikan Motivasi Belajar pada siswa di SD Negeri 99/1 Benteng Rendah kecamatan Mersam”.Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Irzal Anderson, M.Si (II) Drs. Maryono M. Pd. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembangunan manusia Indonesia seutuhnya . Dalam proses pendidikan diperlukan pembinaan secara berkoordinasi dan terarah. Serta melalui pendidikan juga diharapkan bisa memecahkan permasalahan yang ada saat ini dan mencegah penyimpangan pedagogik dalam diri anak bangsa. Guru bukan hanya sekedar penyampai materi saja, tetapi lebih dari itu guru dapat dikatakan sebagai agen perubahan dalam pembelajaran. Karena itu guru harus dapat membuat suatu pengajaran menjadi lebih efektif juga menarik sehingga pelajaran yang disampaikan akan membuat siswa merasa senang dan merasa perlu untuk mempelajari pelajaran tersebut. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui cara guru Menerapkan Kompetensi Pedagogik dalam Memberikan Motivasi Belajar pada siswa kelas V di SD Negeri 99/1 Benteng Rendah kecamatan Mersam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Adapun beberapa kemampuan tersebut adalah sebagai berikut: (1) Pemahaman wawasan atau landasan kependidikan; (2) Pemahaman Terhadap peserta didik; (3) Perancangan pembelajaran; (4) Pemanfaatan teknologi pembelajaran; (5) Evaluasi hasil belajar; (6) Menyelenggarakan pendidikan yang mendidik; (7) Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik; (8) Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik; (9) Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk pembelajaran; (10) Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V di SD Negeri 99/1 Benteng Rendah kecamatan Mersam, bahwa guru memiliki latar belakang kependidikan sesuai dengan disiplin ilmu yang diajarkannya sehingga guru memiliki keahlian secara akademik dan intelektual. Guru memahami karakteriktik siswa sehingga guru lebih mudah melaksanakan pembelajaran dan memberikan motivasi kepada siswa dengan pendekatan yang tepat. Guru memiliki peranan penting di dalam merancang pembelajaran yang menyenangkan. Guru menyediakan teknologi sebagai media pembelajaran yang membuat siswa lebih mudah mendapat informasi dan membuat siswa terbiasa berinteraksi dengan teknologi. Serta guru memiliki kemampuan dalam mengevaluasi hasil belajar yang dapat dimanfaatkan untuk mengukur pemahaman siswa. Berdasarkan temuan hasil pengamatan dengan adanya kompetensi pedagogik guru yang baik, siswa dapat belajar dengan baik sehingga dapat mendukung siswa untuk lebih meningkatkan motivasi belajarnya. Guru membuka peluang untuk siswa menuangkan ide atau pendapatnya, adanya timbal balik antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa sehingga pembelajaran menjadi lebih menja
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RADIAN ARNAS |
Date Deposited: | 22 Jan 2018 07:34 |
Last Modified: | 22 Jan 2018 07:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2808 |
Actions (login required)
View Item |