HAYATI, YUSRA PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA KELAS III SD NEGERI 55/1 SRIDADI. JURNAL PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA KELAS III SD NEGERI 55/1 SRIDADI.
Text
ARTIKEL ILMIAH YUSRAH.pdf Download (641kB) |
Abstract
PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA KELAS III SD NEGERI 55/1 SRIDADI DiajukanOleh: YUSRA HAYATI NIM A1D113040 PGSD FKIP UNIVERSITAS JAMBI ABSTRAK Hayati. Y. 2017 . Penggunaan Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa pada Kelas III SD Negeri55/1 Sridadi. Pembimbing I. Dr.Drs.H Eko Kuntarto,M,Pd.M.Comp.Eng ; Pembimbing II. Drs. Maryono, M.Pd; Kata Kunci : Model picture and picture , dan Kemampuan Berbicara Kehidupan manusia tidak dapat lepas dari kegiatan berbahasa. Bahasa merupakan sarana berkomunikasi antar manusia karena bahasa sebagai alat komunikasi dalam rangka memenuhi sifat manusia sebagai makhluk sosial yang perlu berinteraksi dengan sesamanya. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia dituntut untuk mempunyai kemampuan berbahasa yang baik. Seseorang yang mempunyai kemampuan berbahasa yang memadai akan lebih mudah menyerap dan menyampaikan informasi baik secara tulisan maupun lisan. Dalam mempelajari bahasa dituntut untuk menguasai empat kemampuan salah satunya yang harus dikuasai oleh siswa adalah kemampuan berbicara. Agar kemampuan berbicara siswa dapat meningkat maka, adanya dorongan dari guru agar siswa berani dan mampu mengungkapkan pendapat mereka. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan model picture and picture pada kelas III SD Negeri55/1 Sridadi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus, data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi kemampuan berbicara siswa dan observasi guru yang dilakukan pada tiap proses pembelajaran menggunakan model picture and picture. Penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan model picture and picture untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada kelas III SD Negeri55/1 Sridadi. Berdasarkan lembar observasi siswa,kemampuan bericara siswa menunjukkan adanya peningkatan, terbukti dari siklus I kemampuan berbicara siswa 64, 63%, meningkat pada siklus II menjadi 75,04%, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 82, 43%. Sesuai dengan hasil penelitian yang diperoleh dan dianalisis maka membuktikan bahwa penggunaan model picture and picture untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada kelas III SD Negeri55/1 Sridadi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | YUSRA HAYATI |
Date Deposited: | 22 Jan 2018 07:34 |
Last Modified: | 22 Jan 2018 07:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2810 |
Actions (login required)
View Item |