IMPLEMENTASI PRINSIP EQUITY DAN PRINSIP STRATEGIC VISION DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI DESA LABUHAN PERING KECAMATAN SADU

YUNUS, M. (2021) IMPLEMENTASI PRINSIP EQUITY DAN PRINSIP STRATEGIC VISION DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI DESA LABUHAN PERING KECAMATAN SADU. S1 thesis, Ilmu Pemerintahan.

[img] Text
0. Skripsi M. Yunus (H1A115104).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
1. cover.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan dan Lembar Pengesahan.pdf

Download (463kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (626kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (199kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan tujuan negara Indonesia, sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 1945 yang menyatakan “mencerdaskan kehidupan bangsa”, karena salah satu yang dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan adalah pendidikan. Pelaksanaan pendidikan di Indonesia masih mengalami permasalahan, salah satunya yaitu rendahnya kualitas pendidikan terutama di daerah terpencil. Penelitian ini menggunakan teori Good Governance berdasarkan prinsip Equity dan prinsip Strategic Vision, karena pemerintah yang baik tentu memperhatikan prinsip persamaan setiap warganya dan adanya visi strategis ke depannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memaparkan implementasi prinsip equity dan prinsip strategic vision dalam teori good governance. Berdasarkan hasil penelitian yang di dapatkan menunjukkan bahwa implementasi prinsip equity dalam dunia pendidikan di Desa Labuhan Pering berjalan dengan baik akan tetapi belum maksimal. Terbukti dengan jumlah penduduk 1.436 dan letak geografis yang jauh terdapat 4 sekolah, partisipasi masyarakat yang tinggi, adanya akses pendidikan yang sudah mulai di dapatkan, serta kesejahteraan guru yang terus membaik, dikatakan belum maksimal karena masih terdapatnya kekurangan seperti, adanya kesenjangan antara pendidikan di daerah pedesaan dengan daerah perkotaan, antara anak yang kaya dan miskin, kesenjangan perempuan dan laki-laki dan prasarana yang membutuhkan perawatan, baik perawatan ringan maupun berat. Adapun strategi yang telah di lakukan dinas pendidikan Kabupaten Tanjung Jabung Timur sebagai dinas terkait dalam mengatasi permasalahan pendidikan di Desa Labuhan Pering dengan melihat prinsip strategic vision sudah berjalan dengan baik. Dibuktikan dengan adanya pemerataan dan perluasan akses pendidikan, meningkatkan kesejahteraan guru, meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan di daerah terpencil, adanya pendidikan non formal dan aksara fungsional serta menjalin kerjasama setiap stakeholder yang berkepentingan di dalam penyelenggaraan dunia pendidikan. Kata Kunci: Prinsip Equity, Prinsip Strategic Vision, Pendidikan

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: YUNUS
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:51
Last Modified: 03 Dec 2021 02:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/28100

Actions (login required)

View Item View Item