AULIYAH, SITI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN IPA DI KELAS III SDN NO 13/I MUARA BULIAN. JURNAL PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN IPA DI KELAS III SDN NO 13/I MUARA BULIAN.
Text
A1D111138-ARTIKEL ILMIAH.pdf Download (168kB) |
Abstract
ABSTRAK Auliyah, Siti. 2017. “Penggunaan Media Gambar Pada Pelajaran IPA di Kelas III SDN NO. 13/I Muara Bulian”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Andi Suhandi, S.Pd. M.Pd.I (2) Dr. Muhammad Muspawi, S.Pd.I, M.Pd.I Kata Kunci: Penggunaan Media Gambar Banyak media yang dapat digunakan dalam pembelajaran, salah satunya adalah media gambar. Gambar adalah segala sesuatu yang diwujudkan secara visual dalam bentuk dua dimensi sebagai curahan perasaan atau pikiran. Penggunaan media gambar dalam pembelajaran diharapkan siswa akan termotivasi, bergairah, berminat, dan dapat meningkatkan aktifitas belajarnya sehingga dapat dengan mudah memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar pada pelajaran IPA di kelas III SDN No.13/I Muara Bulian. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan dengan subjek peneltian yaitu guru kelas III. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan 3 cara; yang pertama dengan melakukan observasi untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar pada pelajaran IPA, yang kedua melakukan wawancara dan yang ketiga yaitu dokumentasi dari observasi yang telah dilakukan selama kegiatan pelajaran IPA berlangsung. Hasil penelitian Penggunaan gambar sebagai media pembelajaran memiliki kendala dalam penggunaannya. Kendala yang dihadapi antara lain sulit di dalam mencari gambar, ukuran gambar harus besar agar dapat dilihat oleh semua siswa dan gambar harus memiliki warna yang menarik. Selain itu, media gambar juga memiliki kelebihan. Kelebihan dari penggunaan media gambar dalam pelajaran IPA antara lain yaitu sifatnya kongkrit/dapat dilihat langsung, dapat memperjelas materi, harganya ekonomis dan lebih menarik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahwa penggunaan media gambar yang dilakukan oleh guru dalam proses pelajaran IPA materi perubahan pada makhluk hidup di sekolah dasar dapat memfasilitasi siswa agar lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran, serta memberikan kemudahan bagi siswa dalam memahami konsep materi pelajaran yang diberikan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SITI AULIYAH |
Date Deposited: | 22 Jan 2018 07:34 |
Last Modified: | 22 Jan 2018 07:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2811 |
Actions (login required)
View Item |