Samosir, Hartina Analisis Aktivitas Belajar dalam Pembelajaran Luar Kelas yang Dapat Memotivasi Siswa Belajar MAtematika. Aktivitas Belajar, Pembelajaran Luar Kelas,Motivasi Belajar. (Unpublished)
Text
ARTIKEL HARTINA SAMOSIR.docx Download (49kB) |
Abstract
ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN LUAR KELAS YANG DAPAT MEMOTIVASI SISWA BELAJAR MATEMATIKA HartinaSamosir1, Kamid2, dan Sofnidar2 1Mahasiswa Pendidikan Matematika Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi 2Dosen Pendidikan Matematika Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi Email: 1nina_samosir@yahoo.co.id ABSTRAK Aktivitas belajar merupakan asas terpenting dalam belajar, tanpa aktivitas belajar tidak mungkin seseorang dikatakan belajar. Standar nasional pendidikan menyebutkan bahwa pendidikan seharusnya dilaksanakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan menantang, dan memotivasi peserta didik untuk aktif. Untuk itu seharusnya aktivitas pembelajaran dapat mendukung bagaimana siswa melakukan pembelajaran. Berdasarkan penelitian Tamala dkk, penerapan pembelajaran luar kelas dapat meningkatkan aktivitas belajar. Hasil rata-rata persentase aktivitas belajar siswa meningkat dari 71,82% menjadi 77,22%. Penelitian kualitatif deskriptifini untuk menganalisis dan mendeskripsikan aktivitas belajar dalam pembelajaran luar kelas yang dapat memotivasi siswa belajar matematika. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-B SMP N 1Muaro Jambi yang mempunyai gaya belajar visual, auditorial, dankinestetik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penulis sendiri, tes gaya belajar VAK, lembar observasi aktivitas belajar, angket motivasi belajar, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar dalam pembelajaran luar kelas yang dapat memotivasi siswa belajar matematika adalah visualactivities sebesar 74,16%, motoractivities sebesar 96,67%, mentalactivities sebesar 71,66%, dan emotionalactivities sebesar 73,33%%. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan aktivitas belajar dalam pembelajaran luar kelas matematika yang paling dominan dapat memotivasi siswa belajar adalah motoractivities dengan persentasi 96,67% dengan kriteria sangat baik dan sangat memotivasi siswa belajar matematika dalam pembelajaran luar kelas. Indikatornya adalah melakukan percobaan. Kelebihan aktivitas belajar dalam pembelajaran luar kelas adalah, aktivitas belajar dalam pembelajaran luar kelas lebih membuat siswa termotivasi untuk belajar matematika. Siswa menjadi lebih aktif dan interaksi dengan teman sesamanya semakin meningkat juga. Adapun kelemahan aktivitas belajar dalam pembelajaran luar kelas adalah sulit untuk siswa terfokus dalam aktivitas belajar yang sedang dilakukan dan siswa kurang mampu dalam aktivitas berpikir/memecahkan masalah. Siswa lebih banyak menguasai praktek dan minim teori. Kata Kunci :Aktivitas Belajar, Pembelajaran Luar Kelas,Motivasi Belajar
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | HARTINA SAMOSIR |
Date Deposited: | 24 Jan 2018 00:58 |
Last Modified: | 24 Jan 2018 00:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2829 |
Actions (login required)
View Item |