PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS WEBLOG PADA MATERI PTERIDOPHYTA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA

MANURUNG, ELFRIANTY HOTMAULI (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS WEBLOG PADA MATERI PTERIDOPHYTA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS WEBLOG PADA MATERI PTERIDOPHYTA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA. pp. 1-11.

[img] Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Weblog Pada Materi Pteridophyta Untuk Peserta Didik Kelas X SMA)
2. ARTIKEL ILMIAH.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Berkembangnya teknologi informasi dan layanan internet, memungkinkan didesainnya bahan ajar berbasis e-learning. Guru biologi perlu mempertimbangkan penggunaan weblog sebagai sumber dan pedoman belajar pada mata pelajaran yang diampunya, karena relatif mudah dan murah serta dalam penyusunan isi bisa disesuaikan dengan karakteristik guru dan peserta didik. Teknologi berbasis weblog dalam pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) ini digunakan, khususnya pada materi pteridophyta yang membutuhkan pemahaman dan terdapat banyak hafalan, karena weblog mendukung penyampaian pesan melalui gambar, video, teks dan suara. Maka, akan membantu proses pembelajaran sehingga penyajian materi lebih menarik dibandingkan dengan penjelasan biasa. Akses ke weblog juga lebih mudah dan praktis serta memiliki sifat mobile friendly (dapat diakses via mobile. Produk ini didesain menggunakan Aplikasi Joomla 3.6.5 dan aplikasi tambahan Wampserver64 untuk menjalankan weblog secara offline, sedangkan alamat weblog secara online dapat diakses www.lkpdpteridophyta.id. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendesain LKPD berbasis weblog pada materi Pteridophyta, dan mengetahui kelayakan serta mengetahui persepsi guru dan peserta didik terhadap LKPD berbasis weblog. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi). Produk akhir yang dihasilkan adalah LKPD berbasis weblog materi Pteridophyta. Ujicoba dilakukan di SMA Negeri 9 Kota Jambi, dengan subjek ujicoba guru biologi (2 orang) dan kelompok kecil (9 orang peserta didik kelas XI) yang sudah pernah mempelajari materi Pteridophyta. Instrumen yang digunakan adalah angket terbuka dan angket tertutup. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor akhir 63 atau 98,44% dengan kategori “Sangat Baik” dan hasil validasi oleh ahli media (desain) diperoleh skor akhir 40 atau 83,33% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil persepsi guru diperoleh skor 87 atau 90,6% dengan kategori “Sangat Baik” dan ujicoba kelompok kecil diperoleh skor 427 atau 98,8% dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis weblog pada materi Pteridophyta layak digunakan pada kegiatan pembelajaran di kelas ataupun sebagai bahan ajar bagi peserta didik. Kekurangan pada produk ini dapat diperbaiki pada penelitian pengembangan selanjutnya yang relevan. Kata Kunci : LKPD, Weblog, Pteridophyta

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Depositing User: ELFRIANTY HOTMAULI BR MANURUNG
Date Deposited: 24 Jan 2018 00:58
Last Modified: 24 Jan 2018 00:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2832

Actions (login required)

View Item View Item