PENERAPAN TEKNIK BERCERITA DALAM PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TKPERTIWI II KOTA JAMBI

MASTURO, MASTURO PENERAPAN TEKNIK BERCERITA DALAM PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TKPERTIWI II KOTA JAMBI. PENERAPAN TEKNIK BERCERITA DALAM PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TKPERTIWI II KOTA JAMBI. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL TURO.pdf

Download (299kB)

Abstract

ABSTRAK Masturo. 2017. Penerapan Teknik Bercerita dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini di TK Pertiwi II Kota Jambi. Skripsi. Program Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si (II) Nyimas Muazzomi S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci : Teknik Bercerita, Pengembangan Bahasa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik bercerita dalam pengembangan bahasa anak usia dini di TK Pertiwi II Kota Jambi. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif Kuantitatif dan Kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan Menggunakan Observasi dan Wawancara. Analisis data observasi menggunakan teknik statistik (Kuantitatif) dan wawancara menggunakan analisis interaktif (Kualitatif).Data di analisis mengikuti teori Miles and Huberman yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelas yang mengajar di TK Pertiwi II Kota Jambi. Terdapat 4 guru kelas yang mengajar disekolah tersebut dan Kepala Sekolah, semua dijadikan subjek dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini bahwa Penerapan Teknik Bercerita dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini di TK Pertiwi II Kota Jambi sebagai berikut; Pada indikator teknik memilih dan mempersipakan tempat hasil observasi berada pada kualitas “Baik” (86%), pada indikator teknik bercerita dengan alat peraga hasil observasi berada pada kualitas “Baik” (75%), pada indikator teknik bercerita tanpa alat peraga hasil observasi berada pada kualitas “Baik” (80%), pada indikator teknik mengekspresikan karakter tokoh hasil observasi berada pada kualitas “Baik” (80%), pada indikator teknik menirukan bunyi dan karakter suara hasil observasi berada pada kualitas “Baik” (80%), pada indikator teknik menghidupkan suasana bercerita hasil observasi berada pada kualitas “Baik” (80%), dan pada indikator teknik memilih diksi dan struktur kalimat hasil observasi berada pada kualitas “Baik” (70%). Sedangkan hasil wawancara menunjukkan bahwa TK Pertiwi II Kota Jambi sudah menerapkan teknik-teknik bercerita dalam pengembangan bahasa anak usia dini diantaranya memilih dan mempersiapkan tempat, menggunakan teknik bercerita dengan alat peraga, bercerita tanpa alat peraga, mengekspresikan karakter tokoh, meniru bunyi dan karakter suara, bercerita sesuai dengan tema, menghidupkan suasana bercerita serta memilih diksi dan struktur kalimat.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: MASTURO
Date Deposited: 24 Jan 2018 03:10
Last Modified: 24 Jan 2018 03:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2836

Actions (login required)

View Item View Item